Ini Dia Cara Penuhi Kebutuhan Serat Harian Anda!

Ini Dia Cara Penuhi Kebutuhan Serat Harian Anda!

Tentu Anda semua tidak asing dengan yang namanya serat. Ya, serat merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama organ pencernaan. Sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan serat. Hanya dengan mengonsumsi buah dan sayur, Anda sudah bisa mendapatkan serat untuk nutrisi bagi tubuh. 

 

Kadar serat harian 

 

Walaupun sangat dibutuhkan oleh tubuh, ternyata setiap orang memiliki perbedaan akan kebutuhan serat. Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI, rata-rata orang dewasa Indonesia membutuhkan 25-30 gram serat. Secara rinci, jumlah kebutuhan serat pria di bawah usia 50 tahun adalah 30-38 gram serat per hari. Sedangkan untuk perempuan di bawah usia 50 kebutuhan seratnya cukup 21-25 gram per hari.

 

 

 

pentingnya serat untuk daya tahan tubuh

 

 

 

Manfaat serat untuk daya tahan tubuh

 

Menurut Medical Marketing Manager KALBE Nutritionals dr Adeline Devita, serat tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan pencernaan saja. Menurutnya, serat juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, serat yang dikonsumsi berperan untuk mencegah timbulnya peradangan akibat infeksi. 

 

Dr Adeline menerangkan di dalam pencernaan, serat membantu bakteri di usus untuk memproduksi asam lemak rantai pendek atau SCFAs. Asam lemak inilah yang akan membantu kinerja sel T yang erat kaitannya dengan imunitas tubuh. Sehingga sel T menjadi lebih aktif untuk menghalau virus sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan sel terutama yang terinfeksi. Sel T juga akan menghambat perkembangan bakteri jahat, dan meningkatkan jumlah bakteri baik dengan adanya inulin. Itulah yang membuat serat menjadi nutrisi yang sangat diperlukan terutama di tengah kondisi rawannya penyebaran virus, terutama corona. 

 

Manfaat serat lainnya

 

Selain untuk menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh, serat juga mampu menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh. Serat juga dapat menyerap racun yang terkandung dalam makanan hingga mengontrol kadar gula dalam darah. Bagi Anda yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal juga sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat.

 

Sebaliknya jika Anda tidak mengonsumsi serat, tubuh akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Dalam jangka pendek, Anda akan mengalami gangguan seperti sembelit dan perut kembung. Sedangkan untuk jangka panjang, kekurangan serat dapat menyebabkan obesitas dan kolesterol tinggi yang bisa memicu pertumbuhan kanker di dalam tubuh. 

 

Sumber serat

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, serat terdapat pada buah dan sayur. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan serat melalui makanan nabati, kacang polong, kacang hijau, kecambah, almond, dan Nutrive Fibershot. Nutrive Fibershot merupakan minuman kaya serat inovasi baru yang terbuat dari 16 sari buah dan sayur. Dengan mengonsumsi 2 botol Nutrive Fibershot, Anda sudah memenuhi kebutuhan serat hingga 10 gram lho. Sehingga kini Anda bisa mendapatkan serat secara praktis untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

 

 

 

nutrive fibershot, cara mudah untuk penuhi kebutuhan serat harian

 

 

 

Klik di sini untuk langsung mendapatkan Nutrive Fibershot secara mudah. Yuk beli minuman sehat lebih hemat & mudah di KALBE Store. Karena KALBE Store menjual minuman sehat untuk anak & dewasa online berkualitas untuk beli dari rumah dengan mudah!

 

Salam,

KALBE Store

 

 

 

 

 

 

Sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4956787/berapa-sih-kebutuhan-serat-pria-dan-wanita-setiap-hari?_ga=2.213109073.450173836.1585530446-626151216.1565577661