Ini Dia Alasan Bermain Sepeda Semakin Hits di Masyarakat


Ini Dia Alasan Bermain Sepeda Semakin Hits di Masyarakat

Ini Dia Alasan Bermain Sepeda Semakin Hits di Masyarakat

Selama pandemi covid-19, olahraga sepeda kian ramai dilakukan oleh masyarakat. Bahkan olahraga ini tidak hanya dilakukan oleh anak muda dan dewasa saja, tetapi juga orang tua hingga anak-anak. Maka tidak heran jika sekarang ini mudah sekali menemukan orang yang sedang berolahraga bersepeda, terutama pada akhir pekan.

 

alasan bersepeda ramai dilakukan oleh masyarakat

 

Kondisi PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar seolah mendukung masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga sepeda. Karena selama pandemi covid-19, pusat kebugaran termasuk fasilitas umum yang dibatasi operasionalnya demi mengurangi angka penularan. Selain itu, berikut ini adalah alasan kenapa bermain sepeda dapat hits di masyarakat.

 

1. Efisien

Walaupun beberapa kantor menerapkan Work From Home, tentunya kesibukan Anda untuk bekerja ditambah aktivitas lainnya akan cukup memakan banyak waktu. Bersepeda merupakan kunci bagi Anda yang ingin tetap beraktivitas sambil berolahraga. Karena Anda bisa menjalankan aktivitas seperti ke kantor, mengunjungi rumah kerabat, atau berbelanja menggunakan sepeda. Sehingga Anda lebih efisien dalam beraktivitas dan berolahraga.

 

2. Hemat

Sebagai alat transportasi, sepeda memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan kendaraan bermotor. Ditambah perawatan sepeda lebih murah dibandingkan dengan kendaraan bermotor, dan tidak harus mengisi bahan bakar. Jadi Anda bisa menghemat pengeluaran dengan menggunakan sepeda sekaligus mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

 

3. Dapat membuat pintar

Dalam sebuah studi, didapatkan bahwa bersepeda yang dilakukan sebagai latihan rutin harian, dapat menajamkan pemikiran manusia. Hal ini terjadi karena bersepeda dapat mengaktifkan sel-sel di otak yang mendukung saraf dalam memproduksi protein. Bersepeda juga membantu transmisi saraf untuk berkomunikasi lebih efektif. Sehingga tubuh Anda mengalami peningkatan dalam hal menerima informasi serta berkonsentrasi.

 

4. Sepeda termasuk transportasi yang cukup aman

Ada pendapat yang menyatakan bahwa bersepeda merupakan aktivitas yang membahayakan, apalagi jika dilakukan pada kota besar dengan kuantitas kendaraan bermotor yang tinggi. Tapi secara statistik, hal ini tidak benar. Sebab menurut penelitian yang dilakukan pada masyarakat Amerika Serikat, kemungkinan meninggal karena bersepeda sebesar 340.845:1.

 

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Olahraga sepeda dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Sebab saat bersepeda, tubuh dapat memproduksi vitamin D lebih banyak karena terpapar sinar matahari. Seperti informasi dari National Institutes of Health, nutrisi dari vitamin D dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh. Seperti sel-T dan makrofag, yang membantu melindungi tubuh dari patogen berbahaya. Selain itu, vitamin D dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker, membantu mengendalikan infeksi, dan mengurangi peradangan.

 

Untuk itu, Anda membutuhkan vitamin D sebesar 600 IU berdasarkan Angka Kecukupan Gizi. Kadar vitamin D ini berlaku juga untuk anak usia 1 tahun ke atas, remaja, serta ibu hamil dan menyusui. Sedangkan bayi di bawah 1 tahun membutuhkan 400 IU, dan 800 IU untuk usia di atas 65 tahun. Dalam memenuhi kadar vitamin D harian tersebut, memanfaatkan sinar matahari dari bermain sepeda tidaklah cukup. Sehingga Anda membutuhkan suplemen tambahan Prove D3 400 IU untuk memenuhi kebutuhan vitamin D yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sini.

 

tambahkan asupan vitamin D melalui Suplemen Prove D 3 IU

 

6. Membangun otot

Olahraga sepeda dapat mengaktifkan otot terutama pada bagian pangkal paha hingga telapak kaki. Termasuk juga memperkuat otot di daerah tulang belakang. Selain itu, keseluruhan otot di tubuh Anda akan lebih mampu mempertahankan keseimbangan tubuh sehingga dapat memperbaiki postur dan kekuatan tubuh.

 

7. Memperbaiki suasana hati

Menurut sebuah penelitian, melakukan olahraga sepeda dapat meningkatkan mood, menghilangkan stres, serta merilis senyawa endorfin di otak. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara membandingkan ekspresi wajah pengendara sepeda dengan pengendara kendaraan bermotor. Tentu terdapat perbedaan besar terhadap ekspresi dari antara mereka.

 

8. Membakar kalori

Bersepeda membuat otot bekerja lebih efektif. Sehingga sedikit pergerakan yang dilakukan orang yang bersepeda akan membakar kalori lebih banyak daripada yang tidak bersepeda sama sekali. Selain itu orang yang menggunakan sepeda sebagai transportasi umum akan membuat tubuh terbiasa mengeluarkan energi untuk mengayuh. Ini dapat memicu orang tersebut agar aktif untuk melakukan aktivitas lainnya.

 

Itulah beberapa alasan kenapa bermain sepeda menjadi hits di masyarakat, yang mungkin juga menjadi olahraga favorit Anda saat ini. Tetapi ingat ya, untuk tetap menjaga jaraka selama bersepeda, serta menggunakan masker. Pakai juga alat pelindung lainnya seperti helm jika Anda bersepeda melewati jalur yang ramai.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://kumparan.com/kumparansains/kian-hits-ini-alasan-masyarakat-gemar-bersepeda-di-tengah-pandemi-1u1wZ8xJcoQ/full

 

https://www.merdeka.com/sehat/7-alasan-mengapa-bersepeda-adalah-olahraga-terbaik.html