Ini Dia, 8 Manfaat Minyak Krill yang Perlu Diketahui

Ini Dia, 8 Manfaat Minyak Krill yang Perlu Diketahui

Tidak hanya ikan, krill atau zooplankton ternyata juga bisa dimanfaatkan minyaknya. Minyak krill merupakan generasi terbarukan dari omega-3 yang kini mulai banyak dilirik. Penelitian menunjukkan bahwa minyak krill memiliki kandungan yang sama dengan minyak ikan, bahkan lebih baik. Namun sebenarnya apa itu krill oil?

Arti Krill Oil

 

Arti Krill Oil

 

Minyak krill atau sering kita dengar krill oil berasal dari zooplankton yang mirip dengan udang kecil yang disebut krill. Minyak ini hanya ditemukan di perairan Antartika dan Samudra Pasifik bagian utara, termasuk lepas pantai Jepang dan Kanada. Minyak krill mengandung asam lemak esensial yang sama dengan minyak ikan. 

 

Manfaat minyak krill untuk kesehatan tubuh

 

Walaupun berasal dari zooplankton, minyak krill ternyata memiliki beberapa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat minyak krill antara lain:

 

1. Menjaga kesehatan jantung

 

Menjaga Kesehatan Jantung

 

Sebuah studi dari Danbury Hospital oleh Dr. Axe tahun 2015 mengukur manfaat minyak krill untuk kesehatan jantung pada penderita diabetes. Minyak krill terbukti mampu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, menurunkan trigliserida dan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Penelitian pada tahun 2014 oleh Backes, dkk juga menunjukkan adanya penurunan kadar lemak darah kolesterol dan trigliserida setelah mengonsumsi minyak krill. 

Selain itu, minyak krill juga meningkatkan sensitivitas insulin dan fungsi lapisan pembuluh darah sehingga mendukung kesehatan jantung.

 

2. Melawan peradangan

 

Melawan peradangan

 

 

Peradangan akut adalah respon imun normal yang dapat membantu melindungi tubuh dari zat asing. Peradangan yang terjadi pada tubuh berpotensi menyebabkan obesitas, diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker.

Kandungan asam lemak omega 3 dan astaxanthin pada minyak krill terbukti memiliki fungsi anti radang sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kronis, memperlambat proses penuaan, dan memberikan kesehatan pada tubuh secara keseluruhan.

 

3. Mengurangi nyeri sendi dan meringankan gejala arthritis

 

Mengurangi nyeri sendi dan meringankan gejala arthritis

 

Manfaat minyak krill berikutnya adalah mengurangi gejala arthritis dan nyeri sendi. Minyak krill juga dapat mengurangi kekakuan, menambah jangkauan gerak, gangguan fungsional sendi, dan rasa sakit pada pasien rematik atau osteoarthritis.

Asam lemak pada minyak krill dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan kelenturan sendi sehingga menurunkan risiko patah tulang dan osteoporosis di usia tua.

 

4. Mendukung kesehatan kulit

 

Mendukung kesehatan kulit

 

Manfaat minyak krill selanjutnya adalah mendukung kesehatan kulit dari berjerawat hingga dermatitis. Alasannya, antioksidan dari minyak krill mampu mengurangi peradangan, terbentuknya bintik gelap dan keriput serta memperbaiki tekstur wajah dengan menjaga kelembapan kulit.

 

Baca juga: Benarkah Minyak Krill Oil Lebih Baik Dibandingkan Minyak Ikan?

 

5. Meningkatkan fungsi otak

 

Meningkatkan fungsi otak

 

Semakin tua, fungsi otak seseorang akan mengalami penurunan. Beberapa kondisi seperti gangguan bipolar, skizofrenia, gangguan ADHD, depresi, dan kecemasan juga dapat mengurangi kinerja otak secara normal.

Nah, minyak krill mengandung omega 3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak dan mengatasi kondisi diatas.

 

6. Mengurangi gejala PMS

 

Mengurangi gejala PMS

 

Gejala PMS menyebabkan nyeri haid dan perubahan mood yang tidak biasa. Nah, asam lemak omega-3 pada minyak krill dapat mengurangi peradangan sehingga bisa mengurangi gejala PMS.

 

7. Mencegah berbagai jenis kanker

 

Mencegah berbagai jenis kanker

 

Penelitian oleh European Journal of Cancer Prevention menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi asam lemak omega-3 secara rutin memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kanker payudara, kanker perut, dan kanker prostat.

 

8. Bantu menurunkan berat badan

 

Bantu menurunkan berat badan

 

Asam lemak omega-3 pada minyak krill membantu menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan pembakaran lemak untuk energi. Mengonsumsi minyak krill sebanyak 1,3 gram asam lemak omega-3 setiap hari dapat meningkatkan rasa kenyang hingga dua jam setelah makan sehingga membakar 27 persen jumlah lemak pada tubuh.

Rekomendasi Minyak Krill Terbaik 

 

 

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan Krill Oil, Anda bisa mengonsumsi H2 Superba Krill Oil. Suplemen H2 Superba Krill Oil adalah suplemen yang mengandung Omega-3 alami yang berasal dari zooplankton laut Antartika. Krill Oil kaya akan lemak Omega-3 khususnya.

 

Cara Konsumsi H2 Superba Krill Oil:

 

ekomendasi Minyak Krill Terbaik 

 

Anda bisa mengonsumsi 1 kapsul lunak sebanyak 2x sehari.    Komponen-komponen ini diserap oleh tubuh dalam bentuk fosfolipid. 

 

Komposisi H2 Superba Krill Oil:

 

H2 Health and Hapiness-Superba Krill Oil- 30 capsule

 

Tiap kapsul lunak mengandung:

  • 100% Pure Krill oil
  • Superba Krill oil (Zooplankton) 500mg
  • Total Omega 3 110mg
  • EPA 60mg
  • DHA 275mg

 

Jangan lewatkan berbagai informasi kesehatan terkini seputar kesehatan jantung, kolesterol, hingga nutrisi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare

Dapatkan promo menarik khusus produk H2 Superba Krill Oil melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik dan  point reward.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

 

  1. Mengulas Manfaat Minyak Krill (Update 3 Mei 2021), 2021

https://hellosehat.com/obat-suplemen/mengulas-manfaat-minyak-krill/

 

  1. Manfaat Minyak Krill Bagi Kesehatan (Update 3 Mei 2021), 2021

https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2701291/manfaat-minyak-krill-bagi-kesehatan