Ini Bahayanya Susu Mentah Bagi Ibu Hamil


Ini Bahayanya Susu Mentah Bagi Ibu Hamil

Ini Bahayanya Susu Mentah Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk menjaga kondisi kesehatannya sekaligus mendukung pertumbuhan janin yang dikandungnya. Konsumsi susu pun menjadi penting. Entah itu susu sapi atau susu ibu hamil, mengonsumsinya akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. Akan tetapi bagaimana dengan susu mentah? Susu mentah yang dimaksud di sini tentu saja susu yang masih segar dan belum melalui proses pasteurisasi atau pemanasan dalam suhu 70-75 derajat selama beberapa detik. Untuk mengetahuinya, yuk cari tahu apa saja yang bisa ditimbulkannya.

 

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Susu Mentah

Mungkin ada yang berpendapat bahwa susu mentah relatif lebih mudah dicerna atau mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan susu yang telah mengalami proses pasteurisasi. Namun menurut para ahli, susu mentah sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Itu karena susu mentah berisiko mengandung banyak bakteri. Bahkan jika dibandingkan dengan susu yang telah diolah, susu mentah memiliki risiko 100 kali lebih tinggi menyebabkan penyakit pada mereka yang mengonsumsinya.

 

Pertanyaannya kini, apakah ibu hamil boleh mengonsumsi susu mentah? Menilik pada penjabaran singkat di atas, jawabannya jelas tidak boleh. Jika pada orang normal saja berisiko, apalagi bagi ibu hamil. Jika ingin minum susu, pastikan untuk mematikan bakteri dan kuman di dalamnya melalui proses memasak secara singkat terlebih dahulu. Lebih baik lagi, Anda bisa mengonsumsi susu ibu hamil yang memang telah diolah khusus untuk Anda yang sedang mengandung.

 

Risiko Mengonsumsi Susu Mentah

Bagi ibu hamil, konsumsi susu mentah bisa menyebabkan bahaya yang serius. Bahaya yang ditimbulkan antara lain seperti keguguran, toksoplasmosis kongenital dan kelahiran mati. Ini bisa terjadi akibat infeksi parasit Toxoplasma gondii yang ada pada susu mentah. Selain risiko yang telah disebutkan sebelumnya, susu mentah juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur, meningitis, sepsis dan pneumonia pada bayi.

 

Semua yang dikonsumsi ibu hamil memang harus dipastikan aman dan bersih dari bakteri dan kuman. Untuk lebih amannya, Anda bisa minum susu ibu hamil. Susu ini dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Jadi untuk urusan keamanan dan nutrisi, susu hamil seperti Susu Prenagen jelas lebih teruji.

 

 

 

Salam,

KALBE Store