Ini Alasan Penggunaan Masker Scuba dan Buff Tidak Disarankan


Ini Alasan Penggunaan Masker Scuba dan Buff Tidak Disarankan

Ini Alasan Penggunaan Masker Scuba dan Buff Tidak Disarankan

Penyebaran virus corona hampir di seluruh dunia membuat masyarakat harus menggunakan masker setiap keluar rumah. Sebab penggunaan masker dapat mencegah penyebaran covid-19. Bahkan pada awal penyebaran covid, masker medis terutama menjadi benda yang cukup langka sehingga harganya menjadi mahal.

 

Karena permasalahan tersebut, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker kain dan scuba untuk mencegah penularan covid. Tetapi saat ini, penggunaan masker scuba, buff, dan kain tipis dilarang pada beberapa tempat. Misalnya saja pada KRL Commuter Line yang melarang penggunaan masker scuba dan buff sejak 21 September 2020. Berikut ini penjelasan kenapa penggunaan masker scuba dan buff dilarang.

 

Masker scuba dan buff tidak efektif dalam upaya pencegahan covid

 

ketahui alasan penggunaan masker scuba dilarang

 

Menurut Juru Bicara Satgas covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, masker scuba hanya memiliki satu lapisan. Masker ini juga terbuat dari bahan yang tipis sehingga tidak berfungsi dengan baik dalam menyaring partikel droplet. Sehingga kemungkinan partikel virus tembus dan tidak tersaring sangat besar. Inilah yang membuat penggunaan masker scuba dan buff bukannya melindungi penggunanya dari penularan covid-19. Tetapi malah membahayakan penggunanya serta orang lain dari bahaya covid-19. Selain itu, bentuk masker scuba yang sederhana justru membuat penggunanya mudah untuk menurunkan masker. Hal ini membuat penggunaan masker scuba atau buff menjadi tidak sesuai.

 

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada Duke University Belanda, masker scuba dan buff merupakan tipe masker yang memiliki kinerja paling buruk dibandingkan dengan masker lainnya. Riset ini berdasarkan temuan dari hasil studi eksperimental menggunakan perangkat laser sederhana. Di mana para peneliti mengamati seseorang yang memakai masker dan berbicara ke arah sinar laser yang disimpan pada perangkat berbentuk kotak. Dari situ akan terlihat jumlah tetesan yang dikeluarkan saat berbicara dan direkam menggunakan kamera ponsel. Dari sejumlah jenis masker yang diuji, masker scuba dan buff merupakan jenis yang terburuk dalam menahan droplet saat berbicara.

 

Efektivitas pencegahan penularan covid-19 menggunakan masker scuba atau buff juga sangat rendah, yaitu hanya 0-5 persen. Tentu angka ini sangat jauh dengan masker N95 yang tingkat efektivitasnya mencapai 95-100 persen. Sedangkan masker bedah memiliki efektivitas 80-95 persen, dan masker tiga lapis memiliki efektivitas 50-70 persen dalam mencegah penularan covid-19 dan terbukti dapat mencegah droplet yang terkontaminasi oleh virus masuk ke dalam tubuh.

 

Pada riset tersebut juga terlihat pemakaian buff dapat meningkatkan jumlah tetesan dan memecah sejumlah droplet menjadi partikel yang lebih kecil. Hal ini membuat penggunaan buff menjadi kontraproduktif. Karena tetesan droplet yang lebih kecil ini lebih mudah terbawa oleh udara dan membahayakan orang di sekitarnya.

 

Larangan penggunaan masker scuba atau buff tentu diharapkan dapat mengubah pemahaman masyarakat tentang penggunaan masker. Karena selama ini masyarakat menganggap memakai jenis masker apa pun lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali. Apalagi saat ini pada PSBB di Ibukota, orang yang tidak menggunakan masker akan mendapatkan denda atau sanksi tertentu. Tentunya dengan adanya larangan baru ini, masyarakat tidak menggunakan masker scuba atau buff karena tetap berisiko tertular covid-19.

 

Itulah penjelasan mengenai larangan penggunaan masker scuba dan buff. Jangan lupa, upaya pencegahan covid-19 juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen kesehatan seperti H2 Cordyceps Militaris. H2 Cordyceps Militaris tidak hanya dapat menjaga kesehatan daya tahan tubuh, tetapi juga menjaga kesehatan organ paru-paru. Anda bisa dapatkan H2 Cordyceps Militaris dengan mudah di sini. Atau Anda juga dapat menemukan nutrisi kesehatan lainnya hanya di KALCare E-Store.

 

cegah penularan covid dengan menggunakan masker dan Suplemen H2 Cordyceps Militaris

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644208/masker-scuba-dianggap-tak-efektif-atasi-virus-corona-ini-alasannya