Ingin Kulit Bayi Sehat? Ini Caranya


Ingin Kulit Bayi Sehat? Ini Caranya

Ingin Kulit Bayi Sehat? Ini Caranya

Bayi sehat bukan hanya tergantung dari fungsi organ-organ tubuh yang dimilikinya, namun kulit juga memiliki peran penting sebagai organ pelindung terhadap rangsangan dari luar seperti sinar matahari, debu, polusi, dan sumber jahat lainnya. Ada enam cara bagaimana merawat kulit bayi Anda supaya selalu sehat, simak ulasannya berikut ini.

 

Beberapa bayi terkadang memiliki kulit yang kemerahan, dan terlihat mengelupas di beberapa area, seperti di area pinggang, lutut dan kaki. Anda bisa membantu mengatasinya dengan mengoleskan minyak atau salep bayi pada area yang mengalami pengelupasan tersebut. Sedangkan, jika timbul jerawat-jerawat kecil di tubuh bayi, Anda dapat membersihkannya dengan air bersih dan sabun saat mandi, tidak perlu ada perawatan khusus. Perlu diingat, kulit bayi sama dengan kulit dewasa, mereka akan mengalami regenerasi kulit. Jadi, tak perlu takut kulit bayi Anda tak akan mulus lagi.

 

Selama Anda melakukan langkah-langkah tepat untuk mengatasi gangguan kulitnya, niscaya kulit bayi Anda akan kembali halus dan mulus seperti sedia kala.   Untuk melindungi kulit bayi Anda, berikan pelembab yang halus, bebas alkohol dan parfum, serta terbuat dari bahan alami. Hindari pelembab yang mengandung alpha hydroxyl acids atau sunscreens. Ketika menghadap matahari, jangan berikan sunscreens, terutama bagi bayi yang berusia kurang dari enam bulan. Hindari paparan sinar matahari antara pukul 10.00-15.00, dan gunakan baju yang terbuat dari katun, penutup kepala dan payung jika akan beraktivitas di bawah sengatan matahari langsung.

 

Berikan bayi sabun khusus yang ringan, bebas parfum dan alkohol, serta tidak mengandung bahan kimia. Cukup mandikan bayi sehari sekali pada pagi hari, dan bersihkan area tertentu dengan menggunakan kain lembut pada sore hari atau menjelang tidur. Segera bersihkan kulit bayi setelah menggunakan popok ya. Selain itu, sebaiknya pakaikan pampers (popok sekali pakai) hanya pada malam hari, namun gunakan popok kain pada siang hari, dan berikan waktu beberapa menit pada bayi untuk tidak menggunakan popok, namun hanya ditutupi dengan handuk atau kain lembut saja.

 

Saat mencuci pakaian baru bayi, gunakan deterjen yang aman bagi kulitnya. Usahakan untuk memisahkan pakaian kotor dewasa dengan bayi. Selain itu, untuk bayi laki-laki yang sudah disunat, cukup dibersihkan dengan sabun bayi dan air setiap penggantian popok, kemudian berikan pelembab seperti petroleum jelly. Tutupi alat kelaminnya dengan kain katun yang lembut.

 

Salah satu hal penting lainya, pastikan Anda menggunting kuku tangan bayi minimal seminggu sekali, karena kuku yang terlalu panjang bisa melukai kulit mereka. Untuk kuku kaki, cukup digunting 1-2 bulan sekali. Jika terjadi infeksi atau kelainan kulit pada bayi yang berlangsung lama, segera minta bantuan dokter. Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya dengan menjaga organ bayi lainnya, karena bayi sehat harusnya memiliki kulit yang sehat pula.

 

Salam,

KALBE Store