Ingin Anak Selalu Sehat? Ini Tipsnya!


Ingin Anak Selalu Sehat? Ini Tipsnya!

Ingin Anak Selalu Sehat? Ini Tipsnya!

Pastinya tak ada orang tua yang ingin melihat anaknya terkulai tak berdaya karena hantaman penyakit. Terlebih di musim pancaroba yang sering disebut-sebut sebagai “musim sakit” ini, anak-anak semakin rentan terhadap serangan berbagai penyakit, mulai dari infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, hingga penyakit kulit.

 

Sebenarnya, wajar saja jika si kecil lebih mudah terserang penyakit, karena sistem kekebalan tubuh atau imunitasnya belum terbentuk secara sempurna, terlebih saat anak masih berusia di bawah tiga tahun. Selain itu, anak-anak juga biasanya selalu mengekor ke manapun orang tuanya pergi, tanpa mengetahui seberapa kejam ancaman kuman-kuman penyakit di tempat yang didatanginya. Untuk anak-anak yang berusia 1-2 tahun, risikonya diperparah dengan kebiasaan mereka yang suka memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. Inilah alasannya mengapa kita, sebagai orang tua, mesti lebih cerdas memikirkan cara-cara pencegahan agar si kecil tidak mudah terserang penyakit. Sebenarnya, tak perlu cara sulit dan mahal untuk memastikan kesehatan anak Anda. Berikut ini kami berikan beberapa tipsnya.

 

Tips Membuat Anak Selalu Sehat

 

  • Gaya Hidup Sehat

Sebagai orang tua, Anda perlu menanamkan kebiasaan hidup sehat pada anak sedini mungkin. Salah satu kebiasaan hidup sehat yang perlu ditanamkan sejak dini kepada si kecil adalah kebiasaan baik menyikat gigi. Tak hanya membiasakan anak untuk menyikat giginya pada pagi dan malam hari, Anda juga mengajari teknik-teknik menyikat gigi yang baik dan benar, agar hal itu menjadi kebiasaan yang terus ia jalankan hingga usia dewasa. Cara yang termudah untuk menanamkan kedisiplinan pada si kecil adalah dengan menjadi disiplin terlebih dulu. Ingatlah bahwa, si kecil adalah peniru ulung. Jadi, jika ia melihat Anda dan pasangan rajin menyikat gigi dengan cara yang tepat, ia pun akan mencontohnya. Selain menyikat gigi, ajari si kecil juga untuk mandi, rajin mencuci tangan, dan berbagai kebiasaan baik lainnya.

 

  • Kebiasaan Berolahraga

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tentunya dibutuhkan usaha. Selain menjaga pola makan, olahraga juga harus rutin dilakukan. Agar terbentuk kecintaan akan olahraga, si kecil perlu dibiasakan sejak dini. Tak perlu olahraga yang berat dan rumit, gerakan-gerakan ringan asal dilakukan dengan tepat juga sudah cukup. Jika si kecil rutin berolahraga, aliran darahnya akan semakin lancar. Jadi, distribusi oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuhnya akan semakin baik, sehingga tubuhnya pun akan lebih segar dan bugar.

 

  • Polusi

Saluran pernapasan anak merupakan salah satu bagian tubuhnya yang paling mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya belum cukup kuat, sehingga mudah ditaklukkan oleh kualitas udara yang buruk. Inilah mengapa, anak yang kerap mengalami gangguan sistem pencernaan disarankan untuk sering travelling ke tempat-tempat dengan kualitas udara yang lebih baik, seperti area pegunungan. Pasalnya, debu dan asap buangan kendaraan sangat mudah memperkeruh kesehatan pernapasan anak. Jika Anda atau pasangan merokok, sebaiknya segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Selain berisiko bagi diri sendiri, kebiasaan tersebut juga sangat berisiko bagi si kecil.

 

  • Istirahat

Jam tidur anak biasanya lebih panjang dibandingkan orang dewasa. Hal ini karena anak-anak butuh istirahat yang lebih lama untuk dapat membangun sistem kekebalan tubuhnya menjadi sempurna. Pastikan si kecil cukup tidur. Untuk anak berusia di bawah 6 bulan, waktu tidur yang dibutuhkannya adalah selama 16-20 jam sehari. Memasuki usia 6-12 bulan, ia butuh tidur selama 3-4 jam di siang hari, dan 11 jam di malam hari. Anak berusia 1-3 tahun umumnya membutuhkan waktu tidur sepanjang 10-13 jam, termasuk tidur siang selama 1-3 jam. Sementara itu, untuk anak berusia 3-5 tahun, rata-rata akan butuh tidur selama 10-12 jam.

 

  • Konsultasi Dokter

Anda harus senantiasa menjaga hubungan baik dengan dokter anak. Sebisa mungkin, pilihlah dokter yang lokasi praktiknya dekat dengan rumah Anda, dan jadwal praktiknya sesuai dengan waktu Anda. Jika memungkinkan, pilihlah dokter yang bersedia dihubungi setiap saat, agar saat Anda membutuhkan saran dan masukan, atau memiliki pertanyaan seputar proses tumbuh kembang si kecil, Anda dapat segera mendapatkan jawabannya.

 

Tak ada anugerah yang lebih baik ketimbang memiliki putra dan putri yang sehat dan sempurna. Pastikan Anda menjalani tips-tips praktis di atas agar buah hati Anda selalu ceria.

 

Salam,

KALBE Store