Ingin Anak Cerdas Selipkan Bahan-Bahan Makanan Ini dalam Menu Makannya


Ingin Anak Cerdas Selipkan Bahan-Bahan Makanan Ini dalam Menu Makannya

Ingin Anak Cerdas Selipkan Bahan-Bahan Makanan Ini dalam Menu Makannya

Ibu, perlu diingat bahwa anak cerdas perlu diberikan makanan yang “cerdas” juga. Oleh karenanya, orang tua harus memperhatikan apa saja yang dikonsumsi anak, agar pertumbuhan tubuh dan fungsi kognitifnya lebih optimal. Makanan yang cerdas adalah, makanan yang bernutrisi bagi otak. Dalam studi Food for the Brain ditemukan bahwa, peningkatan nutrisi anak terkait juga dengan peningkatan energi, suasana hati (mood) yang baik, serta peningkatan konsentrasi anak, sehingga ujung-ujungnya menghasilkan anak cerdas.

 

Makanan yang bernutrisi adalah, makanan dengan kandungan yang baik bagi tubuh. Untuk menyiapkannya, pertama-tama orang tua harus memahami bahwa, ada makanan yang harus dihindari oleh anak, yaitu yang mengandung kadar gula tinggi, makanan olahan, makanan dengan bahan pengawet, dan yang mengandung kafein. Makanan-makanan tersebut, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menurunkan fungsi dan performa otak anak.

 

Nah, untuk menggantikan keinginan anak mengkonsumsi apa yang harus dihindarinya tersebut, tingkatkan asupan buah dan sayur, biji-bijian, dan sumber protein. Juga, tetapkan jadwal untuk mengkonsumsi cemilan sebanyak maksimal 2-3 kali per hari. Cemilan berguna untuk menyeimbangkan kadar gula darah, dan menjaga energi.

 

Penting juga untuk Anda ketahui bahwa, otak – yang memegang bagian penting dalam kecerdasan – ternyata juga memerlukan asupan nutrisi dari makanan. Agar berfungsi optimal, otak membutuhkan kondisi-kondisi, seperti seimbangnya kadar gula darah, tercukupinya kebutuhan lemak esensial, vitamin, serta mineral. Berikut ini adalah bahan-bahan makanan yang bisa Anda selipkan untuk mendukung kerja otak anak cerdas.

 

  • Keseimbangan gula darah

Gula adalah bahan bakar yang penting untuk otak. Namun, jumlahnya harus proporsional, sehingga harus diseimbangkan. Bahan makanan yang penting untuk menyeimbangkan kadar gula adalah oatmeal, gandum, dan sayur seperti kentang dan ubi. Kombinasikan dengan sereal, roti dengan telur, buah dengan yogurt, atau roti bakar dengan ikan.

 

  • Pastikan kecukupan lemak esensial

Otak yang tidak sehat, salah satunya disebabkan karena menumpuknya lemak tidak sehat, sehingga pilihlah bahan lemak esensial, seperti ikan-ikan laut, biji-bijian, dan telur yang kaya omega-3.

 

  • Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi kecerdasan yang dapat menjaga kinerja otak. Umumnya, bahan makanan ini berasal dari buah, sayur, dan makanan alami. Oleh karenanya, jangan lupa selipkan potongan sayur dan buah dalam bekal anak anda.

 

Menantang bukan, untuk mengkreasikan bahan-bahan yang dibutuhkan otak menjadi sebuah masakan lezat, namun tetap mendukung fungsi kognitif anak cerdas Anda? Tetap semangat, bu!

 

Salam,

KALBE e-Store