Ibu Jangan Menyusui Dulu, Infeksi Ini Bisa Menular Lewat ASI

Ibu Jangan Menyusui Dulu, Infeksi Ini Bisa Menular Lewat ASI

ASI wajib diberikan pada bayi usia 0-6 bulan. Selama masa pemberian ASI eksklusif ini, bayi tidak boleh diberi makanan lain. Susu formula sebaiknya juga tidak diberikan di usia tersebut. Namun dalam kondisi medis tertentu, justru berlaku sebaliknya. Misalnya saja saat sang ibu menderita penyakit yang bisa menular lewat ASI. Agar si kecil tidak tertular, ibu menyusui harus mencari alternatif lain. Berikut beberapa jenis infeksi yang dapat menular lewat ASI.

 

Hepatitis B

Virus hepatitis umumnya tidak bisa menginfeksi bayi dalam kandungan. Namun beda halnya saat bayi sudah lahir dan mulai menyusu. ASI adalah salah satu media penyebaran virus hepatitis B dari sang ibu ke buah hatinya. Vaksin memang bisa melindungi si kecil dari infeksi virus ini. Akan tetapi untuk lebih amannya, sebaiknya ibu menyusui tidak memberikan ASI ke buah hatinya.

 

HIV

Virus HIV sangat mungkin menginfeksi bayi lewat ASI. Angka kemungkinannya sendiri memang tidak sampai 100%. Akan tetapi kemungkinan 15-45% saja tetaplah berisiko. Untuk itu, ibu yang terinfeksi virus HIV sebaiknya tidak menyusui bayinya terlebih dahulu. Dalam kondisi seperti ini, memberikan susu formula terasa masih jauh lebih aman.

 

Sitomegalovirus

Virus yang satu ini sebenarnya tergolong tidak begitu berbahaya jika dibandingkan dengan dua virus di atas. Bahkan ibu yang terinfeksi Sitomegalovirus sangat mungkin tidak menyadarinya karena tidak menunjukkan gejala apapun. Namun saat virus ini menginfeksi bayi yang lahir prematur lewat ASI, efeknya bisa cukup berbahaya.

 

Herpes Simplex

Virus herpes simplex juga tergolong virus yang dapat menginfeksi lewat aktivitas menyusui. Meski demikian, selama puting atau payudara sang ibu tidak mengalami sariawan herpes, infeksi virus ke bayi sebenarnya bisa saja tidak terjadi. Namun jika sampai menginfeksi si kecil, gejala yang ditimbulkannya bisa serius, bahkan tidak jarang berakhir kematian.

 

 

Dalam kondisi tidak bisa menyusui, ibu bisa memilih beberapa opsi. Selain memberi susu formula dengan pengawasan ketat, donor ASI juga bisa jadi solusi. Pilihan ada di tangan Anda. Namun jika memang ingin memberikan susu formula, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Susu yang dipilih pun harus sesuai dengan usia dan telah teruji seperti Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store