Imunisasi yang Wajib Diberikan Pada Anak

Imunisasi yang Wajib Diberikan Pada Anak

Indonesia kini tengah dilanda wabah penyakit difteri. Penyakit yang sejatinya pernah hilang dari bumi nusantara kini secara mengejutkan muncul kembali dan terus berkembang hingga kini. Difteri sendiri sebenarnya bisa dicegah dengan imunisasi. Namun karena beberapa hal, banyak orang tua yang enggan memberi vaksin kepada anaknya. Patut disayangkan memang. Di luar sana sebenarnya masih ada banyak penyakit berbahaya yang tidak bisa dicegah hanya dengan memberi makanan sehat, susu formula dan menjaga kebersihan saja. Lantas imunisasi apa saja yang wajib diikuti anak? Berikut beberapa di antaranya.

 

Imunisasi Campak

Sesuai dengan namanya, imunisasi ini bertujuan untuk memberi antibodi campak pada anak-anak, bahkan sebelum mereka mengalaminya. Biasanya imunisasi ini dilakukan 2 kali seumur hidup, yakni pada usia 9 bulan dan saat anak menginjak usia 6 tahun. Meski sudah diberi vaksin, orang tua tetap harus menjaga kesehatan anak, termasuk dengan memberinya makanan sehat dan susu formula.

 

Imunisasi Hepatitis B

Penyakit berbahaya seperti hepatitis B juga bisa dicegah dengan pemberian vaksin. Mengingat tingkat bahaya dari penyakit ini, tak mengherankan jika imunisasi hepatitis B bersifat wajib dan diberikan sebanyak 3 kali. Pemberian pertama dilakukan 12 jam setelah bayi dilahirkan. Setelah itu, imunisasi dilakukan saat si kecil berusia 1 bulan dan 6 bulan.

 

Imunisasi Polio

Vaksin polio ini diberikan sebanyak 4 kali yakni saat bayi baru lahir, saat usia 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan. Dengan pemberian vaksin polio, si kecil akan terhindar dari lumpuh layu. Untuk mendukung pertumbuhan tulang anak, pemberian susu formula juga tidak kalah penting.

 

BCG

Vaksin BCG sendiri berfungsi untuk mencegah serangan kuman tuberkulosis. Kuman yang satu sangat berbahaya. Biasanya, yang diserang adalah paru-paru dan selaput otak. Karena itu, akibat dari infeksi kuman tuberkulosis bisa menyebabkan cacat hingga kematian. Vaksin BCG sendiri cukup diberikan 1 kali, yakni saat anak berusia 3 bulan.

 

 

Vaksin yang juga tidak kalah penting untuk diberikan pada anak adalah pentavalen. Vaksin ini berfungsi untuk mencegah penyakit difteri, tetanus, pertusis, meningitis, hepatitis B dan pneumonia. Mengingat manfaatnya yang begitu besar, vaksin ini wajib diberikan pada usia 2, 3, 4 dan 18 bulan. Agar si kecil lebih tahan terhadap serangan penyakit, pemberian makanan bergizi hingga Susu Morinaga juga penting.

 

 

 

Salam,

KALBE Store