Hati-Hati, Ibu Hamil Vegetarian Lebih Berisiko Melahirkan Prematur

Hati-Hati, Ibu Hamil Vegetarian Lebih Berisiko Melahirkan Prematur

Vegetarian, sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Bahkan mungkin ada beberapa di antara Anda yang menjadi seorang vegetarian untuk alasan kesehatan. Pola makan sehat yang dianut oleh seorang vegetarian memang baik. Bagaimana tidak. Konsumsi sayur dan buah menjadi yang utama. Berbagai makanan tidak sehat juga dihindari. Tapi ada tantangan yang harus dihadapi oleh para vegetarian. Hal tersebut adalah bagaimana tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tanpa mengonsumsi sumber nutrisi hewani. Tantangan ini semakin terasa bagi ibu hamil. Meski susu ibu hamil ada yang diramu secara khusus untuk ibu-ibu vegetarian, ternyata ada sisi gelap yang menyelimuti gaya hidup yang satu ini.

 

Ibu dan Janin Membutuhkan Nutrisi Lengkap dan Seimbang

Bagi ibu hamil yang hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, tentu cukup sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang semakin tinggi di masa kehamilan. Janin membutuhkan nutrisi lengkap dan seimbang untuk tumbuh kembangnya. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, bisa dipastikan akan ada masalah pada proses perkembangannya.

 

Saat ini susu ibu hamil memang bisa membantu melengkapi kebutuhan tersebut. Tapi susu hamil hanya sebatas makanan pelengkap saja. Konsumsinya juga perlu dibatasi. Sumber utama makanan ibu hamil tetap berasal dari makanan pokok.

 

Risiko melahirkan bayi prematur pada ibu vegetarian juga cukup tinggi. Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa wanita yang kekurangan nutrisi yang bisa ditemui pada daging cenderung memiliki kandungan yang lemah. Hal ini membuat sang ibu dan janin kurang bertenaga dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

 

Tips Sehat Selama Kehamilan

Jika Anda sudah terlanjur menerapkan gaya hidup seorang vegetarian, Anda perlu merenungkan hal ini sekali lagi. Konsultasikan ke dokter. Jika memang masih ingin mempertahankan gaya hidup seperti ini, sebaiknya cari pengganti sumber makanan hewani yang memiliki kandungan nutrisi yang mirip dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan janin. Intinya di sini adalah pastikan bahwa kebutuhan nutrisi selama kehamilan terpenuhi. Minum juga susu ibu hamil. Namun untuk urusan susu hamil, pertimbangan akan kandungan nutrisi harus menjadi prioritas. Pilih susu yang berkualitas seperti Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store