Alasan Kenapa Ibu Hamil Tidak Boleh Mengkonsumsi Buah Nanas

Alasan Kenapa Ibu Hamil Tidak Boleh Mengkonsumsi Buah Nanas

Ibu hamil tidak boleh makan nanas. Para calon ibu mungkin banyak yang mendapat larangan seperti ini. Tapi apakah larangan ini muncul atas dasar fakta dan kejadian yang sesungguhnya ataukah hanya sekedar mitos belaka? Para calon ibu muda mungkin banyak yang masih bertanya-tanya.

 
Apa dasarnya ibu hamil tidak boleh makan buah nanas? Bukankah kandungan nutrisi dalam buah nanas juga bermanfaat untuk tubuh sama halnya dengan susu ibu hamil terbaik yang juga kaya akan nutrisi? Larangan ini tentu bukan tanpa alasan. Untuk menghindari salah paham, berikut penjelasannya.

 

Nanas Dapat Menyebabkan Kontraksi Dini

Nanas memiliki kandungan bromelain yang bisa melemahkan serviks atau dinding rahim. Jika dikonsumsi dalam porsi sedikit, dampak yang ditimbulkan memang relatif lebih kecil. Namun beda halnya jika mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah yang cukup banyak atau mengkonsumsinya sama seperti saat tidak dalam kondisi hamil. Hal ini tentu bisa berbahaya.

 

Jika ingin mengkonsumsi buah nanas, sebaiknya lakukan saat sudah melewati trimester pertama. Itupun dalam jumlah yang terbatas. Selain itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Untuk memperoleh nutrisi lengkap selama kehamilan, akan lebih baik jika mengkonsumsi susu ibu hamil terbaik.

 

Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran

Mungkin ini terdengar berlebihan. Tapi jangan lupa, kandungan bromelain dalam buah nanas memungkinkan hal tersebut untuk terjadi. Resiko ini semakin tinggi saat kehamilan baru menginjak trimester pertama. Keguguran karena mengkonsumsi buah nanas memang cukup jarang terjadi. Akan tetapi jika mengkonsumsinya dalam jumlah besar, terlebih yang dikonsumsi adalah buah nanas yang masih muda, hal ini bisa saja terjadi. Karena itu, sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah besar. Sebaiknya, ganti buah nanas dengan buah yang lain saja dan lengkapi nutrisinya dengan susu ibu hamil terbaik.

 

Memicu Masalah Lambung

Rasa asam pada buah nanas bisa memicu masalah lambung. Bagi calon ibu yang memiliki gangguan lambung atau riwayat penyakit lambung, mengkonsumsi nanas bahkan dalam jumlah kecil bisa memicu asam lambung. Jika calon ibu memiliki masalah gastritis, sangat dianjurkan untuk menghindari buah yang satu ini. Selain dapat memicu masalah lambung pada sang ibu, gangguan kesehatan ini juga bisa berdampak pada kesehatan janin yang sedang dalam masa pertumbuhan. Agar si kecil tumbuh dengan sehat, lengkapi juga nutrisi kehamilan dengan susu ibu hamil seperti Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store