Ibu Hamil Sebaiknya Jangan Naik Motor, Ini Bahayanya

Ibu Hamil Sebaiknya Jangan Naik Motor, Ini Bahayanya

Beberapa ibu hamil mungkin pernah bertanya-tanya. Apakah boleh naik motor dalam kondisi hamil? Pertanyaan ini kerap muncul dalam benak setiap wanita yang tak lama lagi akan menyambut buah hatinya. Ada banyak ibu hamil yang khawatir akan keguguran akibat naik motor. Mungkin Anda juga merasa demikian. Anda mungkin bisa menjaga asupan makanan bahkan mengonsumsi susu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin. Tapi Anda juga harus ingat bahwa masalah kehamilan juga bisa muncul dari faktor eksternal seperti aktivitas fisik yang terlalu berat.

 

Risiko Naik Motor Bagi Ibu Hamil

Sebenarnya risiko kehamilan ini berbeda-beda sesuai dengan tahapannya. Misalnya saja pada kehamilan trimester pertama. Risiko keguguran pada usia kehamilan ini sangat tinggi. Ibu hamil harus benar-benar menjaga diri dari pantangan-pantangan yang bisa menyebabkan keguguran termasuk menghindari aktivitas yang terlalu berat.

 

Kaitannya dengan risiko keguguran akibat naik motor, kekhawatiran ini sebenarnya cukup beralasan. Sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang minim pengamanan. Tidak ada sabuk pengaman atau alat keamanan lainnya. Jika terjadi kecelakaan, akibatnya sangat fatal. Begitu pula jika melakukan pengereman mendadak. Hal ini tentu berbahaya bagi ibu hamil.

 

Guncangan yang dialami saat melaju di jalan yang kurang rata juga memiliki risiko tersendiri. Ini bisa membuat mengganggu kehamilan, terlebih jika Anda masih berada dalam usia kehamilan trimester pertama. Meski tidak ada larangan untuk mengendarai sepeda motor bagi ibu hamil, semua risiko ini harus diwaspadai. Tentu saja, akan lebih baik jika Anda menjauhinya selama beberapa waktu terlebih dahulu. Agar janin lebih kuat dan terlindungi, tidak ada salahnya mengonsumsi susu ibu hamil.

 

Cara Mengurangi Risiko Saat Naik Sepeda Motor

Jika memang tidak ada pilihan sarana transportasi lain dan harus menggunakan motor, Anda harus benar-benar memperhatikan keamanan saat berkendara. Penggunaan alat keamanan seperti helm, mengenakan jaket agar tidak terkena angin secara langsung bahkan alat penopang kehamilan sebaiknya juga dikenakan.

 

Hindari jalan bergelombang untuk meminimalisir guncangan. Kecepatan saat berkendara pun harus diperhatikan. Selain itu, posisi saat naik motor juga harus diperhatikan. Hindari posisi duduk mengangkang. Tapi yang jauh lebih penting lagi, kurangi mengendarai sepeda motor saat sedang hamil.

 

Untuk membantu menjaga kesehatan janin, konsumsi susu ibu hamil juga diperlukan. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk ibu dan janin. Tapi Anda juga harus memperhatikan kualitas susu yang hendak dikonsumsi. Untuk urusan kualitas, Susu Prenagen jelas tidak perlu diragukan lagi.

 

 

 

Salam,

KALCare