Ibu Hamil Mengalami Obesitas, Ini Risiko yang Bisa Dialami


Ibu Hamil Mengalami Obesitas, Ini Risiko yang Bisa Dialami

Ibu Hamil Mengalami Obesitas, Ini Risiko yang Bisa Dialami

Berat badan ideal kerap dikaitkan dengan kesehatan seseorang. Itulah kenapa banyak yang berusaha menjaga berat badannya agar tidak berlebih, tak terkecuali para ibu hamil. Obesitas pada ibu hamil tak sekedar penampilan buruk saja. Risiko kesehatan yang mengintai juga tak sedikit. Penyebabnya pun tidak jauh dari gaya hidup kurang sehat. Mulai dari kurang menjaga makanan hingga kurang bergerak, semua itu bisa menyebabkan obesitas pada masa kehamilan. Minum susu ibu hamil yang sebenarnya positif pun bisa berdampak negatif jika dikonsumsi tanpa mengikuti aturan. Jika sudah demikian, risiko di bawah ini bisa saja Anda alami.

 

Diabetes Gestasional

Diabetes yang terjadi selama kehamilan atau diabetes gestasional ini terjadi akibat ketidakmampuan tubuh dalam mengolah gula dan karbohidrat dengan efektif. Risiko yang diakibatkannya pun tidak bisa disepelekan. Preklamsia, kelahiran prematur hingga bayi lahir dengan berat badan berlebih hanyalah sebagian gangguan yang bisa dialami. Risiko terburuknya, sang ibu bisa mengalami komplikasi persalinan.

 

Masa Kehamilan yang Terlalu Panjang

Dalam kondisi normal, kehamilan hanya akan berlangsung dalam waktu 9 bulan lebih 10 hari. Namun jika Anda mengalami obesitas, masa kehamilan ini bisa lebih panjang. Tentu ini bisa berbahaya bagi ibu dan janin. Kontrol terhadap asupan makanan sebelum dan selama kehamilan memiliki andil besar dalam mempengaruhi berat badan. Begitu pula dengan aktivitas fisik. Meski susu ibu hamil membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian, konsumsinya tetap harus dikontrol dan tidak boleh berlebihan.

 

Preeklamsia

Ibu hamil yang memiliki masalah berat badan berlebih atau obesitas juga berisiko mengalami preeklamsia. Kondisi ini ditandai dengan tekanan darah yang meningkat pada masa kehamilan hingga kerusakan organ lainnya, termasuk ginjal. Agar kondisi ini tidak semakin buruk, ibu hamil perlu segera memeriksakan kondisi kesehatannya dan mengubah gaya hidupnya.

 

 

Berbagai risiko tersebut sangat mungkin dialami oleh ibu hamil yang mengalami obesitas. Namun ketiga risiko di atas bukanlah yang terburuk. Obesitas selama masa kehamilan juga bisa memicu masalah lain seperti infeksi, adanya masalah saat melahirkan hingga keguguran. Karena itu jika ingin semua itu tidak terjadi, asupan makanan benar-benar harus dijaga. Konsumsi susu ibu hamil juga seperlunya saja. Untuk itu, sangat penting untuk memilih susu hamil yang bergizi seimbang seperti yang bisa Anda jumpai pada Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store