Ibu Hamil Cepat Lelah Atasi dengan Tips Mudah Berikut Ini

Ibu Hamil Cepat Lelah Atasi dengan Tips Mudah Berikut Ini

Kelelahan yang dialami oleh ibu hamil bukanlah hal baru atau aneh, terutama jika masa kehamilan baru memasuki trimester pertama. Saat masuk trimester kedua, maka kelelahan akan mulai berkurang. Namun, jangan senang dulu, karena biasanya kelelahan akan timbul kembali ketika sudah masuk trimester ketiga.

 

Kelelahan yang dialami oleh ibu hamil merupakan akibat dari perubahan hormon drastis, terutama untuk kadar hormon progesteron. Selain itu, kelelahan pun terjadi akibat kegiatan fisik dan psikologis yang terjadi, misalnya karena kecemasan dan stress selama kehamilan. Untuk mengatasi kelelahan, simak tips di bawah ini.

 

  • Luangkan waktu untuk beristirahat, dan hindari tidur malam, apalagi bergadang, karena dengan istirahat dan pola tidur yang cukup, maka akan mampu mengurangi rasa lelah akibat kehamilan.
  • Konsumsi makanan sehat, dan jaga kadar gula darah agar tetap normal. Dengan mengonsumsi makanan dan camilan sehat, Anda akan mampu menjaga kadar gula darah tetap normal. Kekurangan kadar gula darah dapat menyebabkan Anda merasa cepat lelah.
  • Konsumsi makanan yang mengandung zat besi guna menghindari kelelahan akibat kurangnya darah dalam tubuh atau anemia.
  • Rutin berolahraga selama minimal 20 menit sehari mampu membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Namun, hindari olahraga sebelum tidur, karena dapat mengacaukan pola tidur Anda.
  • Cukup minum air putih pada siang atau sore hari. Namun, jangan terlalu banyak meminum air putih sebelum tidur, karena dapat menganggu kenyamanan tidur Anda.
  • Atur pola kerja Anda. Jangan sampai Anda terlalu lelah bekerja, hingga membuat Anda merasa kekurangan tenaga. Hindari lembur atau pekerjaan yang memaksa Anda mengangkat beban berat, karena dapat membuat Anda lebih cepat lelah.
  • Pergilah ke salon atau spa untuk memanjakan diri Anda. Selain dapat membuat Anda rileks, hal itu juga dapat mencegah terjadinya rasa cemas berlebihan selama masa kehamilan.

 

Kelelahan pada ibu hamil sering terjadi. Namun, jangan jadikan hal itu alasan untuk tidak melakukan apapun. Pikirkan hal yang membuat Anda merasa senang, dan nikmati setiap proses dan masa kehamilan Anda.

 

Salam,

KALBE e-Store