Hujan-Hujan Bikin Perut Lapar? Ini Penyebabnya


Hujan-Hujan Bikin Perut Lapar? Ini Penyebabnya

Hujan-Hujan Bikin Perut Lapar? Ini Penyebabnya

Saat musim hujan, memang paling nikmat untuk menikmati makanan atau minuman hangat. Tetapi, sadarkah Anda bahwa keinginan untuk menikmati semangkuk bakso, terkadang terasa tidak cukup selama musim hujan? Sehingga Anda merasa perlu memakan sesuatu kembali pada saat musim hujan.

 

Penyebab rasa lapar pada saat musim hujan

 

penyebab lapar pada musim hujan

 

Tentu Anda penasaran bagaimana perut Anda lebih cepat lapar selama musim hujan. Ternyata kondisi ini terjadi karena suhu udara yang otomatis menjadi semakin dingin. Perubahan cuaca ini membuat suhu pada tubuh Anda menjadi menurun, karena menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Sebagai gantinya, tubuh akan mencari cara untuk menambah panas melalui makanan. Makanan yang telah Anda konsumsi akan diubah menjadi sumber energi di dalam tubuh. Energi ini dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai kebutuhan. Salah satunya dengan menaikkan suhu tubuh yang menurun.

 

Selain dari suhu, hujan membuat sinar matahari tertutup oleh awan. Ternyata hal ini juga memberikan pengaruh, karena menurut peneliti, cuaca mendung dapat menurunkan zat serotonin di dalam otak. Sementara, aktivitas makan dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Sehingga dengan kurang melihat sinar matahari dapat memicu seseorang untuk mencari makanan.

 

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian oleh kardiolog Ira Ockene yang berasal dari University of Massachusetts Medical School. Dari hasil penelitian tersebut, sebanyak 593 partisipan yang berusia 20-70 tahun, rata-rata mengonsumsi makanan berkalori lebih banyak selain pada musim semi. Sebab cuaca yang mendung dan gelap ternyata membuat naluri seseorang untuk menyantap makanan.

 

Selain kedua masalah tersebut, musim hujan memang membuat Anda merasa semakin malas untuk melakukan aktivitas yang berat. Sehingga makan malah menjadi pilihan yang menurut Anda baik dilakukan selama menunggu hujan. Berikut beberapa hal yang dapat meningkatkan keinginan Anda untuk makan selama musim hujan.

1. Salah mengartikan rasa dingin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan akan membuat tubuh menjadi hangat, terutama pada saat kedinginan. Namun nyatanya, manusia sering salah mengartikan rasa dingin yang muncul. Padahal temperatur tidak terlalu dingin, tetapi di dalam pikiran sudah mengatakan bahwa hujan membuat tubuh menjadi dingin dan tidak nyaman. Pemikiran ini kemudian berkembang menjadi cara untuk menghangatkan diri. Misalnya seperti pemikiran hendak menyantap mi instan yang hangat. Padahal Anda bisa mengatasi dingin hanya dengan menyeduh teh chamomile yang tentunya lebih sehat daripada mi instan. Jadi Anda harus lebih mengotrol keinginan untuk makan berat selama musim hujan.

2. Terlalu sering di dalam rumah

Terlalu sering berada di dalam rumah akan meningkatkan keinginan untuk ngemil atau bahkan makan besar selama musim hujan. Apalagi jika di rumah Anda memang tersedia banyak makanan dan saat ini sangat mudah untuk membeli makanan dengan cara delivery. Tanpa sadar, aktivitas ini akan memberikan kalori yang terlalu banyak bagi tubuh Anda. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya isi kegiatan Anda selama di rumah dengan berolahraga. Ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan selama di rumah saja. Misalnya seperti melakukan yoga atau meditasi.

3. Menjadikan hujan sebagai alasan

Penyebab terakhir yang dapat meningkatkan keinginan Anda untuk makan selama musim hujan adalah karena menjadikan hujan sebagai alasan dalam mengonsumsi camilan. Walaupun kecil dan sedikit, camilan yang dikonsumsi justru malah menyumbang banyak kalori bagi tubuh Anda. Misalnya seperti mengonsumsi cokelat atau keripik kentang. Sebaiknya Anda mengganti camilan ini dengan makanan yang berat yang tinggi protein dan serat agar panas di dalam tubuh dapat terjaga lebih lama. Atau Anda bisa pilih makanan yang berkalori rendah seperti sup sayuran serta Slim & Fit. Slim & Fit merupakan nutrisi pengganti makanan yang tinggi protein dan serat serta kalori terkontrol. Bahkan Slim & Fit dapat menurunkan berat badan rata-rata 2kg dan mengecilkan lingkar pinggang Anda.

 

atasi keinginan makan selama musim hujan dengan Slim & Fit

 

Itulah penjelasan kenapa Anda mudah merasa lapar pada saat musim hujan. Yuk, coba atasi rasa lapar dengan berolahraga dan mengonsumsi Slim & Fit. Anda bisa mendapatkan Slim & Fit dengan mudah di sini. Bahkan Slim & Fit sangat nikmat jika Anda seduh dengan air hangat pada saat musim hujan saat ini.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2907153/kenapa-perut-cepat-lapar-saat-hujan