Hobi Baru Pada Masa Pandemi: Pelihara Ikan Cupang


Hobi Baru Pada Masa Pandemi: Pelihara Ikan Cupang

Hobi Baru Pada Masa Pandemi: Pelihara Ikan Cupang

Selama masa pandemik covid-19, banyak hal-hal baru yang dilakukan masyarakat agar tetap produktif selama di rumah. Salah satu yang tengah ramai dilakukan oleh adalah memelihara ikan cupang. Bukan tanpa alasan, ikan cupang memiliki daya tarik berupa sirip yang menjuntai panjang hingga warna yang indah. Bahkan saking popularnya, harga ikan cupang selama pandemi pun meningkat drastis. Tetapi harga ini tidak menyurutkan pecinta ikan cupang untuk membeli sebagai peliharaan atau hanya sekadar koleksi.

 

Manfaat memelihara ikan cupang

 

Memelihara ikan cupang memang tidak tergolong sulit. Bahkan bagi pemula pun, memelihara ikan cupang cukup mudah. Dibalik semua itu, ternyata memelihara ikan cupang dapat memberikan beberapa manfaat. Berikut merupakan manfaat yang bisa Anda dapatkan saat memelihara ikan cupang selama pandemi.

 

ketahui manfaat memeliharan ikan cupang

 

1. Mengurangi stres

Memelihara ikan cupang ternyata dapat memberikan rasa tenang dan menyenangkan bagi pemiliknya. Ikan yang termasuk dalam kelas Actinopterygii serasa membawa nuansa alami di dalam rumah Anda. Dengan meletakkan akuarium berisi ikan cupang dengan intensitas stres tinggi dapat menurunkan tingkat stres. Dalam studi yang dilakukan pada akhir 90-an, akuarium yang berisi ikan dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan. Sebab manusia merupakan makhluk yang sangat bergantung pada air. Sehingga bawah alam sadar manusia akan merasa terhibur ketika berada di dekat air. Apalagi efek suara aliran air, gelembung, atau gelombang yang ditaruh pada akuarium dapat memberikan sensasi ketenangan.

 

2. Mengurangi pertumbuhan jentik nyamuk

Jentik nyamuk terutama penyebab aedes aegypti merupakan salah satu makanan ikan cupang. Sehingga ikan cupang ampuh dalam memerangi DBD terutama pada musim hujan sekarang ini. Hal ini terbukti dalam sebuah riset, karena ikan cupang lebih efektif sebagai predator alami jentik nyamuk daripada ikan guppy atau ikan cere.

Penelitian ini diterbitkan dalam Jurnal Sains Nasional Universitas Nusa Bangsa. Hasilnya ikan cupang memiliki daya makan paling banyak mencapai 89 ekor jentik dalam waktu enam jam. Sedangkan ikan guppy hanya memangsa 47 ekor jentik dalam waktu yang sama.

 

3. Meningkatkan produktivitas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan cupang dapat membantu Anda lebih fokus dan berkonsentrasi karena tingkat stres yang menurun serta tekanan darah menjadi lebih stabil. Selain itu, sirip serta ekor ikan cupang yang cantik akan menambah estetika di dalam ruangan. Hal ini dapat memacu semangat dan produktivitas. Selain itu, Anda dapat menghias akuarium dengan berbagai macam hiasan seperti tanaman air, kayu apung, atau lainnya untuk membuat aktivitas baru selama Anda di rumah.

 

4. Meningkatkan kualitas tidur

Melihat warna ikan cupang yang berwarna-warni di kamar tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Melihat ini seperti menghipnotis Anda karena ikan cupang memberikan energi positif di dalam ruangan serta mengurangi stres menjelang tidur. Memelihara ikan cupang juga dapat menghilangkan pikiran negatif, mengurangi gelisah, meningkatkan konsentrasi, serta memungkinkan Anda tidur lebih awal setiap malam.

 

5. Mempercantik rumah

Kehadiran ikan cupang beserta pernak-pernik di dalam akuarium akan mempercantik ornamen di rumah Anda. Bahkan jika Anda hanya memiliki ikan cupang saja, warnanya cukup memberikan keindahan di rumah. Sehingga rumah Anda tidak terlihat monoton dengan barang-barang standar seperti lemari, kursi, televisi, atau barang lainnya. Akuarium ikan cupang dapat mengalihkan perhatian Anda dari bosan dan stres dari aktivitas yang monoton atau bermain gawai.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memelihara ikan cupang. Sambil memelihara ikan cupang, Anda juga bisa menikmati kesegaran buah dan sayur melalui Vegie Fruit. Terdapat dua varian rasa Vegie Fruit yang bisa Anda nikmati. Yaitu Vegie Fruit Carrot Squeeze dan Vegie Fruit Tomato Punch. Dapatkan varian Vegie Fruit kesukaan Anda dengan mudah di sini.

 

nikmati keindahan ikan cupang dengan kesegaran Vegie Fruit

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200722105412-277-527530/6-manfaat-pelihara-ikan-cupang-yang-jarang-diketahui