Hindari Makanan dengan Kadar Kolesterol Tinggi Ini

Hindari Makanan dengan Kadar Kolesterol Tinggi Ini

Jika Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, sebaiknya perhatikan asupan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Jangan terlalu sering mengonsumsi gorengan atau junk food, karena dapat memicu kenaikan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, berikut sumber makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil dan sehat:

 

Kuning telur mengandung 210 mg kolesterol, sementara telur utuh mengandung 212 mg  kolesterol. Ya, telur memang baik untuk kesehatan, tapi jangan terlalu sering mengonsumsi  kuning telur, ya. Sebaliknya, putih telur justru mengandung protein yang lebih sehat.

 

– Hindari mengonsumsi hati ayam, sapi dan kambing, karena hati mengandung 564 mg  kolesterol per 100 gr.

 

– Banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan mentega, seperti kue, roti dan makanan  lainnya. Namun, tahukah Anda, dalam 100 gr mentega terkandung 215 mg kolesterol? Wah,  banyak betul ya? Jadi, yuk kita kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung mentega.

 

– Bagi penyuka seafood sebaiknya kurangi konsumsi udang, karena kandungan kolesterol  dalam hasil laut ini bisa mencapai 195 mg!

 

– Meskipun ayam rendah lemak, namun ayam memiliki kolesterol yang tinggi, khususnya bagian  kulit ayam. Sebaiknya, kurangi atau hindari konsumsi kulit ayam.

 

– Sebagian besar keju mengandung kolesterol sebanyak 123 mg per 100 gr. Meskipun keju  mengandung protein dan sumber kalsium yang baik, sebaiknya jangan terlalu sering  mengonsumsinya, ya.

 

– Sosis atau olahan daging lainnya mengandung kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Olahan  daging domba dan bebek mengandung kadar kolesterol yang paling tinggi.

 

– Anda pasti menyukai cheese burger. Makanan yang termasuk dalam kategori junk food ini  memang enak, tapi ternyata menyimpan kolesterol tinggi, lho! Kandungan kolesterol dalam  cheese burger sebanyak 175 mg. Jadi, sebaiknya konsumsi cheese burger dikurangi, atau Anda  dapat memesan burger tanpa keju.

 

– Es krim sangat digemari oleh hampir setiap orang. Namun, es krim mengandung kolesterol  tinggi. Sebaiknya, hindari mengonsumsi es krim bila riwayat hidup Anda memiliki kolesterol  tinggi.

 

Apabila makanan di atas termasuk dalam menu makanan Anda sehari-hari, sebaiknya dikurangi porsinya. Ganti camilan dan menu makanan Anda dengan sumber makanan yang lebih sehat, agar kesehatan tubuh terjaga, dan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh bisa terpangkas.

 

 

 

Salam,

KALBE Store