Meski Tergolong Sayuran, Hindari Konsumsi Makanan Berikut Selama Kehamilan


Meski Tergolong Sayuran, Hindari Konsumsi Makanan Berikut Selama Kehamilan

Meski Tergolong Sayuran, Hindari Konsumsi Makanan Berikut Selama Kehamilan

Sayuran kerap diidentikkan sebagai salah satu makanan sehat. Ini memang benar. Kandungan nutrisi di dalam sayuran memang baik untuk kesehatan. Meski demikian, konsumsi yang tidak dikontrol dengan baik sangat mungkin memberi efek yang berkebalikan. Kesehatan terganggu. Bahkan pada ibu hamil, risiko yang ditanggung bisa lebih serius lagi. Ini juga berlaku saat Anda mengonsumsi susu ibu hamil. Namun dari beberapa jenis sayuran, ada beberapa di antaranya yang sangat tidak direkomendasikan dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut beberapa di antaranya.

 

Daun Melinjo

Sayuran yang satu ini terkenal akan vitamin A, B, C, zat besi dan kalsiumnya. Akan tetapi, daun melinjo juga bisa menyebabkan penumpukan asam urat. Ini terjadi akibat senyawa gnetum yang terdapat pada daun melinjo. Sayuran ini memang tidak dilarang 100%. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda menghindarinya.

 

Jengkol

Bagi penyuka jengkol, mungkin ini terdengar kurang menyenangkan. Akan tetapi konsumsi jengkol selama kehamilan dipastikan bisa menghambat sistem sekresi yang mengakibatkan ibu hamil sulit buang air kecil. Semua itu terjadi akibat asam jengkolat yang ada di dalam jengkol. Jadi meski jengkol sendiri mengandung zat besi, kalsium, fosfor, kalium dan vitamin, sebaiknya hindari konsumsinya. Lagipula masih ada makanan lain dan susu ibu hamil untuk memperoleh nutrisi yang sama.

 

Semanggi

Sayuran yang satu ini mengandung vitamin A, C, D, E, zat besi dan fosfor yang baik untuk tubuh. Sayangnya, semanggi juga mengandung senyawa yang dapat memicu pendarahan. Karena itulah konsumsinya harus dibatasi dengan ketat.

 

Petai

Kandungan zat besi, kalsium, fosfor dan kalium di dalam petai memang baik untuk tubuh. Akan tetapi, petai juga bisa memperparah morning sickness atau mual saat kehamilan. Produksi air liur juga bisa meningkat setelah mengonsumsinya.

 

 

Sayuran mentah juga harus dihindari selama kehamilan. Ini untuk menghindari masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Meski tidak bisa makanan sayuran di atas, masih ada banyak sayuran lain yang aman dikonsumsi. Brokoli dan bayam misalnya. Susu ibu hamil juga masih ada. Dengan mengonsumsi Susu Prenagen, masalah kekurangan gizi tidak akan Anda alami.

 

 

 

Salam,

KALBE Store