Hamil Tetap Semangat dengan Pola Makan Tepat


Hamil Tetap Semangat dengan Pola Makan Tepat

Hamil Tetap Semangat dengan Pola Makan Tepat

Hamil dan tetap semangat bisa didapatkan oleh setiap ibu hamil. Caranya memang tidak sulit namun harus disertai dengan disiplin.

 

Anda mau menjalani hamil tetap semangat? Berikut pola makan tepat untuk ibu hamil:

 

1. Makan Tepat Waktu

Makan tepat waktu adalah penting untuk semua orang. Apalagi ketika wanita menjalani kehamilan. Makan tepat waktu untuk ibu hamil bisa dengan dua pilihan, makan besar tiga kali sehari dengan porsi besar di selingi cemilan buah setiap dua jam sehabis makan atau makan besar dengan porsi kecil lima kali sehari di selingi cemilan buah satu jam setelah makan.

 

Menjalani pola makan tepat waktu dan di selingi dengan mengonsumsi cemilan juga dapat mengurangi sering timbulnya rasa lapar pada ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami mual dan muntah, lebih baik memilih pola makan besar dengan porsi kecil lima kali sehari.

 

2. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Memang sebaiknya makan tidak sampai kenyang. Memang ibu hamil sering merasa lapar tetapi jangan sampai ibu hamil makan hingga perut terasa begah karena kekenyangan. Makan dengan porsi pas lebih baik untuk menghindari mual muntah atau kelebihan berat badan pada ibu maupun sang janin.

 

3. Cukup Mengonsumsi Air

Ya, memang ibu hamil harus mencukupi kebutuhan cairan di tubuh setiap hari terutama kebutuhan air mineral. Sebagaimana pada umumnya, ibu hamil minimal minum 8 gelas sehari atau dua liter.

 

Cairan yang dibutuhkan ibu hamil juga bisa didapatkan dari jus buah atau jus sayuran. Selain memenuhi kebutuhan mineral, jus juga mengandung vitamin yang baik untuk ibu dan bayi di dalam kandungan. Waktu hamil, wanita baik mengonsumsi jus saat pagi setelah sarapan atau sore sebelum makan malam.

 

4. Konsumsi Suplemen Kehamilan

Mengonsumsi suplemen atau vitamin kehamilan tidaklah boleh dilupakan oleh ibu hamil. Pilihlah suplemen yang pas untuk menunjang kesehatan ibu dan bayi. Pada trimester awal, ibu hamil perlu mengonsumsi suplemen yang tinggi asam folat. Memasuki trimester akhir, ibu hamil sudah harus mengonsumsi suplemen yang tinggi kalsium. Akan lebih baik lagi bila suplemen yang dikonsumsi ibu hamil mengandung semua komposisi baik bagi ibu dan sang janin.

 

5. Perbanyak Makanan Berserat

Di setiap menu makanan kehamilan, sangat dianjurkan untuk selalu memasukkan makanan berserat. Makanan berserat ini bagus untuk ibu hamil. Selain membuat sistem pencernaan ibu hamil lancar, makanan berserat ini juga baik untuk menunjang gizi seimbang.

 

 

Salam,

KALBE Store