Hamil Anggur, Apa Itu?

Hamil Anggur, Apa Itu?

Setiap kehamilan pasti akan menimbulkan rasa bahagia dalam keluarga. Namun, Anda perlu tahu bahwa ada pula kehamilan yang terjadi namun tidak ada janinnya. Lho, kok bisa? Ya, tentu saja bisa. Kondisi “kehamilan palsu” ini biasanya dikenal sebagai hamil anggur yang akan dijelaskan selengkapnya berikut ini.

 

Pengertian hamil anggur

 

Dalam dunia medis, hamil anggur disebut sebagai mola hidatidosa. Hamil anggur merupakan kondisi kelainan pada plasenta karena adanya masalah pada saat terjadi pembuahan sel telur oleh sperma. Kelainan ini disebabkan karena sel telur yang dibuahi merupakan sel telur yang kosong, sehingga sel sperma hanya membuahi sel telur yang kosong. Pada sel telur yang kosong, informasi genetika dari ibu tidak ada atau hanya ada sebagian. Akibatnya, saat dibuahi oleh sperma, tidak terjadi perkembangan janin yang normal. Penyebutan hamil anggur ini sendiri disebabkan oleh penampakan mola hidatidosa yang tersusun besar dan acak sehingga menyerupai anggur.

 

 

 

awas ada masalah pada kehamilan yaitu hamil anggur

 

 

 

Hamil anggur dibagi ke dalam 2 jenis, yaitu mola komplit dan mola parsial. Pada mola komplit, sel telur yang tidak memiliki informasi genetika sama sekali akan menyebabkan tidak adanya perkembangan janin atau tidak ada embrio. Sehingga sel telur yang bertumbuh hanya terdiri dari plasenta saja. Sedangkan pada mola parsial, pembuahan sel telur yang hanya memiliki sebagian informasi genetika dari ibu karena dibuahi oleh dua sperma. Sehingga masih bisa terjadi perkembangan janin namun terdapat kelainan yang sangat berat. Kelainan terdapat pada embrio yang memiliki 3 set kromosom (genetik yang membentuk janin), padahal normalnya hanya 2 set kromosom. Kondisi ini akan membuat janin berisiko tidak dapat bertahan hidup dan mengalami keguguran pada masa awal kehamilan.

 

Gejala hamil anggur

 

Seorang perempuan yang mengalami hamil anggur dapat mengalami gejala-gejala yang umum pada masa kehamilan. Gejala yang muncul yaitu seperti mual, muntah, flek atau pendarahan dari vagina, dan peningkatan hormon kehamilan. Beberapa gejala lain yang mungkin muncul di antaranya nyeri pada panggul, tekanan darah tinggi, dan perut lebih besar daripada usia kehamilan yang normal. Pada air seni ibu juga akan ditemukan protein dan masalah pada kelenjar tiroid.

 

Hamil anggur memang akan lebih baik jika dideteksi dengan pemeriksaan USG. Sebab pada pemeriksaan ini akan ditemukan plasenta namun tampilannya seperti anggur. Selain itu pada pemeriksaan tidak terdeteksi adanya gerakan janin atau denyut jantung janin. Kondisi ini biasanya baru terdeteksi pada usia 8-24 minggu usia kehamilan.

 

Penanganan hamil anggur

 

Kehamilan ini harus dievakuasi dengan tindakan operasi kecil dengan pembiusan. Ke dalam rahim akan dimasukan sebuah pipa kecil melalui mulut rahim. Melalui pipa itulah jaringan mola akan dikeluarkan. Selanjutnya jaringan tersebut akan diperiksa ke laboratorium. Kondisi ibu juga perlu dipantau pasca pengangkatan jaringan. Sebab sel atau jaringan yang mengalami kelainan bisa saja tertinggal di dalam rahim ibu dan terus bertumbuh. Bahkan dalam beberapa kasus, jaringan dapat menembus dinding rahim dan menyebabkan pendarahan. Walaupun cukup jarang, namun kondisi ini menandakan bahwa jaringan abnormal yang tergolong ganas sehingga dapat menyebar.

 

Tidak hanya itu, ibu yang telah melakukan pengangkatan jaringan mola disarankan untuk menunda kehamilan. Atau lebih baik lagi jika melakukan konsultasi sebelum merencanakan program kehamilan selanjutnya. Penanganan hamil anggur juga dapat memengaruhi psikologis ibu. Sebab secara emosional, peristiwa ini merupakan momen kehilangan yang bisa memberi dampak yang cukup berat bagi ibu. Sehingga ibu membutuhkan dukungan dari orang-orang sekitarnya.

 

Nah, bagi Anda yang ingin menghindari hamil anggur, tentu saja bisa. Caranya dengan menjaga pola hidup sehat, konsumsi makanan yang memiliki nutrisi untuk kehamilan, dan minum susu Prenagen Esensis. Susu persiapan kehamilan ini memiliki kandungan zinc dan asam folat yang cukup tinggi. Keduanya dapat menjaga sistem reproduksi agar berfungsi dengan baik serta meningkatkan kesuburan. Yuk segera order Prenagen Esensis di sini untuk persiapan kehamilan yang matang!

 

 

 

persiapkan kehamilan Anda dengan Prenagen Esensis

 

 

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com (1), (2), (3)