Beberapa Hal yang Bisa Memicu Persalinan Sungsang

Beberapa Hal yang Bisa Memicu Persalinan Sungsang

Persalinan sungsang, setiap calon ibu tentu tidak mengharapkannya. Namun dari total persalinan, setidaknya tercatat ada 3% hingga 4% kelahiran sungsang. Kondisi ini biasanya terjadi mulai usia kehamilan 28 minggu. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kondisi sungsang terjadi pada usia kehamilan 32 minggu atau lebih. Minum susu ibu hamil memang bisa membantu menjaga kondisi kesehatan bayi. Namun untuk kondisi sungsang, menjaga kesehatan saja tidaklah cukup. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan persalinan sungsang.

 

Usia Ibu Saat Hamil

Ibu yang hamil di usia tua memiliki risiko persalinan sungsang lebih tinggi. Seiring dengan bertambahnya tua usia sang ibu, semakin banyak perubahan pada kondisi fisiknya. Hal ini juga terjadi pada kondisi rahim dan panggul. Namun bukan hanya hamil di usia tua saja yang berisiko mengalami persalinan sungsang. Hamil terlalu muda juga memiliki risiko yang serupa.

 

Bentuk Rahim Ibu yang Tidak Sempurna

Bentuk rahim yang sempit atau adanya kelainan pada rahim juga bisa memicu persalinan sungsang. Kondisi seperti ini tidak selalu terjadi karena sebab-sebab alami. Cedera dan trauma juga bisa menjadi penyebabnya. Begitu pula dengan menyempitnya panggul karena bertambahnya usia.

 

Kehamilan Anak Pertama

Kehamilan pertama adalah kehamilan yang paling dinanti. Berbagai upaya pun dilakukan demi menjaga kesehatan si kecil termasuk dengan mengonsumsi susu ibu hamil secara rutin. Namun kehamilan anak pertama ternyata juga memiliki risiko persalinan sungsang yang lebih tinggi. Semua itu juga tak lepas dari belum terbiasanya otot rahim untuk berkembang hingga menyebabkan bayi sulit bergerak dengan baik di dalam rahim.

 

Stres

Selama kehamilan, ibu hamil tidak hanya harus menjaga kondisi kesehatannya melalui makanan sehat seimbang dan olahraga. Mereka juga harus menjaga kesehatan mentalnya. Stres bisa memicu gangguan hormon yang berpotensi menyebabkan persalinan sungsang.

 

 

Persalinan sungsang sebenarnya masih bisa dihindari dengan makan makanan sehat dan olahraga selama masa kehamilan. Susu ibu hamil bisa membantu. Namun ibu hamil juga perlu menjaga kesehatannya secara menyeluruh. Memilih susu hamil pun harus penuh pertimbangan. Jika Anda tertarik untuk mencari susu hamil yang mengandung gizi seimbang, Susu Prenagen sangat layak untuk dipertimbangkan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store