Tak Hanya Orang Tua, Hal-Hal Berikut Bisa Sebabkan Osteoporosis di Usia Muda

Tak Hanya Orang Tua, Hal-Hal Berikut Bisa Sebabkan Osteoporosis di Usia Muda

Osteoporosis, sebagian besar orang mungkin akan mengaitkannya dengan penyakit usia senja atau gangguan kesehatan yang lebih sering dialami oleh orang tua. Namun faktanya, tak hanya orang tua saja yang bisa terserang penyakit pengeroposan tulang ini. Mereka yang masih muda juga bisa mengalaminya. Bahkan Anda pun tak sepenuhnya terbebas dari penyakit ini. Mengonsumsi susu tinggi kalsium seperti susu Entrasol memang bisa menjadi salah satu solusi. Tapi apa sih yang menyebabkan osteoporosis di usia muda?

 

Konsumsi Obat-Obat Tertentu

Sebenarnya cukup jarang osteoporosis menyerang mereka yang masih berusia muda. Kalaupun ada kasus seperti ini, umumnya penyebabnya tak terkait secara langsung dengan proses fisiologis. Beberapa jenis obat bisa memicu pengeroposan tulang pada usia muda. Salah satu contohnya adalah kortiko steroid yang biasa dikonsumsi oleh mereka yang menderita asma.

 

Tubuh yang Terlalu Kurus

Mereka yang memiliki tubuh terlalu kurus juga memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi. Ini tak lepas dari kurangnya asupan nutrisi setiap hari. Setiap harinya, tubuh manusia membutuhkan asupan kalsium dalam jumlah tertentu yakni 1.300 mg untuk usia 9-18 tahun dan 1000 mg untuk usia 19-50 tahun.  Karena itu, dengan menjaga berat badan ideal dan mengonsumsi susu Entrasol, kebutuhan kalsium bisa terpenuhi dan risiko osteoporosis bisa ditekan.

 

Tidak Haid atau Siklus Haid yang Memanjang Pada Wanita

Wanita memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi. Bukan hanya karena kurangnya asupan kalsium setiap hari. Siklus haid yang memanjang (oligomenorea) dan tidak haid (amenore) juga menjadi penyebabnya. Saat mengalami gangguan haid seperti ini, kadar estrogen sangat rendah. Inilah yang membuat massa tulang berkurang dan memicu osteoporosis.

 

Meski masih muda, Anda tetap harus memperhatikan kondisi kesehatan tulang. Penuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Olahraga di pagi hari juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Di saat inilah tubuh memperoleh vitamin D yang baik untuk tulang. Selain itu, mulai konsumsi susu tinggi kalsium seperti susu Entrasol sejak dini. Dengan cara ini, tulang sehat di usia muda dan tua pun bukan lagi sekedar mimpi.

 

 

 

Salam,

KALBE Store