Gejala Osteoporosis yang Sebaiknya Anda Tahu

Gejala Osteoporosis yang Sebaiknya Anda Tahu

Seiring dengan bertambahnya usia, gangguan kesehatan pun semakin banyak bermunculan. Namun dari beberapa gangguan kesehatan yang menghantui, osteoporosis adalah salah satu

masalah kesehatan yang banyak dialami oleh para lansia. Jika usia Anda sudah menginjak kepala 5, ada baiknya Anda mulai waspada dan jeli dengan masalah kesehatan yang Anda alami. Khusus untuk osteoporosis sendiri, Anda juga perlu mewaspadai gejala-gejala di bawah ini.

 

Nyeri di Bagian Punggung

Nyeri pada bagian punggung memang tidak selalu identik dengan osteoporosis. Akan tetapi jika nyeri ini kerap muncul, sudah seharusnya Anda mewaspadainya. Karena secara umum, osteoporosis bermula dari gejala yang satu ini.

 

Tulang Membungkuk

Tulang membungkuk pada penderita osteoporosis ini muncul akibat terjadinya kolaps atau fraktur kompresi. Bungkuknya sendiri tidak selalu terlihat jelas. Terkadang, bungkuk yang terlihat hanya sedikit. Karena itulah, Anda harus cermat dalam melihat gejala yang satu ini.

 

Tulang Menjadi Lemah

Gejala yang satu ini umumnya terasa saat Anda menaiki tangga atau selepas mengangkat beban. Jika biasanya tidak ada masalah saat melakukan kedua hal tersebut, kini Anda merasa kepayahan. Tulang yang semakin melemah seperti ini juga merupakan salah satu tanda osteoporosis. Jika tidak segera diatasi, masalah ini akan semakin serius bahkan membuat tulang semakin rapuh.

 

Tinggi Badan Menurun

Secara normal, tinggi badan tidak akan menurun. Penurunan tinggi badan di sini lebih disebabkan karena tubuh yang semakin membungkuk akibat fraktur vertebrae. Penurunan tinggi badan ini memang tidak terlalu banyak. Pada penderita osteoporosis, penurunan tinggi badan ini biasanya berkisar di angka 3 tahun selama 3 tahun.

 

Selain gejala-gejala di atas, masih ada gejala osteoporosis lain yang meliputi patah tulang, perut membuncit, dowager’s hump atau kondisi di mana badan cenderung condong ke depan serta stres fractures atau patah tulang kecil. Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut ada pada diri Anda, asupan kalsium harus ditingkatkan. Namun tak cukup dengan menambah asupan kalsium saja. Anda juga perlu menambah asupan vitamin D yang membantu proses penyerapan kalsium. Inilah kenapa Anda butuh lebih dari sekedar susu tinggi kalsium biasa. Anda juga membutuhkan susu kalsium khusus seperti susu Entrasol.

 

 

 

Salam,

KALBE Store