Gejala dan Tips Mencegah Diabetes


Gejala dan Tips Mencegah Diabetes

Gejala dan Tips Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang sudah umum di jaman sekarang, banyak orang mencari cara bagaimana mencegah diabetes.

 

Penyakit diabetes sendiri biasanya disebabkan oleh faktor makanan (mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan), dan dibarengi dengan kurangnya kebiasaan berolahraga.

 

Penyakit diabetes adalah termasuk penyakit berbahaya ke 4 di dunia, selain HIV/AIDS, jantung dan TBC. Di Indonesia sendiri, 7 di antara 100 penduduk Indonesia diketahui mengidap Diabetes.

 

Ada beberapa mitos tentang diabetes yang paling banyak beredar di Indonesia, salah satunya adalah mitos yang mengatakan bahwa jika seorang kakek positif terkena penyakit diabetes maka hal ini akan menurun pada anak perempuannya dan berlanjut kepada cucu laki-lakinya dan demikian seterusnya.

 

Meskipun belum tentu teruji benar, ada baiknya Anda mencegah diabetes lebih dulu apalagi jika Anda mengetahui bahwa ada keluarga Anda yang memiliki riwayat penyakit ini sebelumnya.

 

Gejala Diabetes

Baiknya Anda mengetahui apa gejala umum dari penyakit diabetes ini agar nantinya Anda bisa lebih waspada di kemudian hari.

 

– Sering buang air kecil

Sering buang air kecilSalah satu gejala bahwa Anda menderita diabetes adalah tingginya frekuensi buang air kecil. Jika pada orang normal frekuensi buang air kecil terjadi tiap 3-4 jam sekali, pada penderita diabetes, frekuensi bisa terjadi setiap satu jam sekali.

 

– Sering merasa haus

Penderita diabetes sering merasa dehidrasi sehingga membutuhkan banyak minum. Hal ini dikarenakan kadar gula darah dalam tubuhnya cukup tinggi sehingga glukosa yang tidak dapat dimetabolisme akan terbuang melalui urine.

 

Hal inilah yang membuat urine seorang penderita diabetes lebih kental, sehingga ia akan membutuhkan lebih banyak air untuk mengencerkannya.

 

– Sering merasa lapar

Perasaan cepat lapar karena tubuh terus mengirimkan sinyal rasa lapar ke otak. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi yang diperoleh tubuh.

 

Pada umumnya, penderita akan memenuhi rasa laparnya dengan makan dalam jumlah yang banyak. Padahal hal tersebut justru memicu tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

 

Untuk mencegah diabetes, berikut adalah 8 tips yang bisa Anda ikuti:
1. Perbanyaklah aktivitas fisik seperti berolahraga, jalan kaki, atau berenang.  Hal ini bisa membakar gula berlebih dan lemak jahat yang ada pada tubuh kamu.
2. Perbanyak memakan makanan berserat, contohnya sayur dan buah.
3. Perbanyak mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang kulit, kacang hijau, kacang merah dll)
4. Turunkan berat badan dengan mengikuti program diet sehat dan alami
5. Perbanyak meminum susu yang rendah lemak
6. Kurangi memakan makanan yang memiliki lemak hewani seperti telur, daging secara berlebihan
7. Kurangi memakan makanan berkadar gula tinggi, baik dari nasi maupun minuman yang ada gulanya. Sebaiknya pilih pemanis yang memiliki 0 kalori.
8. Berhenti merokok

 

 

 

Salam,

KALBE Store