Gangguan Kesehatan yang Biasa Dialami Anak Usia 0 Hingga 1 Tahun

Gangguan Kesehatan yang Biasa Dialami Anak Usia 0 Hingga 1 Tahun

Tak ada yang lebih menyakitkan selain melihat si kecil sakit berlarut-larut. Meski penyakit tersebut tidak begitu berbahaya, rasanya tetap menyedihkan melihat anak yang seharusnya ceria harus terbaring di atas tempat tidur. Usia 0-1 tahun memang usia yang cukup rentan. Sistem kekebalan tubuhnya belum cukup kuat. Penyakit pun mudah menyerang. Bahkan memberi ASI dan MPASI yang kaya nutrisi pun tak menjamin si kecil akan selalu sehat. Karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui penyakit apa saja yang kerap dialami anak usia 0-1 tahun. Berawal dari sini, Anda pun bisa mengambil langkah pencegahan dan pengobatan yang tepat.

 

ISPA atau Infeksi Saluran Nafas Anak

Penyakit yang satu ini biasanya diandai dengan demam yang cukup tinggi atau berkisar di angka 39-40°C disertai dengan batuk dan pilek. Gangguan kesehatan ini umumnya disebabkan oleh virus. Jika si kecil mengalami ISPA, Anda tidak perlu panik. Anda bisa mengompres si kecil dan memberinya obat penurun panas atau obat batuk pilek. Namun perlu dicatat. Pemberian obat pada anak di bawah 1 tahun sebaiknya dilakukan atas rekomendasi dokter.

 

Bintik Merah di Kulit

Penyebab bintik merah pada kulit ini cukup beragam. Akan tetapi secara umum gangguan kesehatan ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, alergi atau gangguan pembuluh darah. Jika Anda melihat si kecil mengalami gangguan kesehatan ini, sebaiknya periksakan ke dokter. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyakit yang lebih serius.

 

Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan yang kerap dialami oleh anak usia di bawah 1 tahun adalah konstipasi. Penyebabnya biasanya karena kekurangan makanan berserat atau penggunaan obat-obatan tertentu. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan MPASI yang lebih kaya serat. Meski demikian, MPASI yang diberikan hendaknya juga tetap aman untuk pencernaan si kecil.

 

Jika si kecil mengalami beberapa penyakit di atas, hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua adalah jangan panik. Cermati kembali gangguan kesehatan yang dialami oleh si kecil. Berikan pertolongan pertama pada si kecil. Jika sampai beberapa hari tidak ada perkembangan yang cukup berarti, segera bawa ke dokter. Memberi MPASI pada usia yang tepat seperti Milna biasanya juga bisa menekan risiko gangguan kesehatan di atas. Dengan memberi makanan pendamping yang sehat dan beragam, nutrisi yang diperoleh si kecil juga lebih lengkap.

 

 

 

Salam,

KALBE Store