Fams, Tes RT-PCR di Rumah Yuk!

Fams, Tes RT-PCR di Rumah Yuk!

Fams, masih ingat dengan pernyataan dari Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Wachyudi Muchsin mengenai rapid test yang dianggap palsu? Pernyataan palsu memang bukan mengacu pada alatnya. Tetapi pada hasil tes yang dianggap tidak bisa dijadikan sebagai acuan seseorang terinfeksi covid-19.

 

Mengenal tes RT-PCR

 

layanan RT-PCR dari KalGen Innolab

 

Memang sebenarnya terdapat beberapa tes lain untuk mendeteksi covid-19 di dalam tubuh. Salah satu yang dianggap efektif adalah tes RT-PCR atau Real Time Polymerase Chain Reaction. RT-PCR merupakan tes yang memerlukan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan metode deteksi molekuler/Nucleic Acid Amplification Test. Sehingga metode RT-PCR atau sering disebut juga sebagai swab test menggunakan sampel cairan dari saluran pernapasan bawah sebagai bahan pemeriksaan. Petugas kesehatan akan menyeka bagian belakang tenggorokan.

 

Selanjutnya, sampel cairan dari saluran pernapasan bawah yang telah tiba di lab akan diekstrak oleh peneliti menggunakan asam nukleat di dalamnya. Asam nukleat tersebut mengandung genom virus yang dapat menentukan ada atau tidaknya infeksi di dalam tubuh. Kemudian peneliti dapat memperkuat daerah genom tertentu dengan menggunakan teknik reaksi berantai transkripsi polimerase terbalik. Sehingga peneliti mendapat sampel besar yang kemudian dapat dibandingkan dengan virus SARS-CoV-2 yang memiliki hampir 30.000 nukleotida, atau blok bagungnan yang membentuk DNA dan RNA. Untuk hasilnya sendiri, tes RT-PCR paling cepat membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.

 

Layanan tes RT-PCR home service dari KALBE

 

Nah, bagi Anda yang menginginkan tes RT-PCR karena hendak melakukan perjalanan yang membutuhkan bukti pemeriksaan covid-19 atau hanya sekadar memastikan kondisi kesehatan, kini dapat dilakukan pada Laboratorium Klinik KalGen Innolab. Saat ini KalGen Innolab telah memiliki fasilitas dengan Biosafety Level (BSL) 2+. Artinya fasilitas pemeriksaan meliputi alat dan sumber daya manusia pada KalGen Innolab sudah sangat kompeten. Sebab fasilitas dan SDM yang dimiliki KalGen Innolab sudah sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan atau Kemenkes berdasarkan surat edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.02/Menkes/234/2020 tentang Pedoman Pemeriksaan uji RT-PCR bagi laboratorium yang melakukan pemeriksaan covid-19.

 

Bahkan KalGen Innolab menawarkan jasa RT-PCR home service. Sehingga Anda hanya perlu menunggu petugas dari KalGen Innolab yang tentunya menggunakan APD lengkap datang ke lokasi yang telah ditentukan. Petugas KalGen Innolab juga dipastikan sudah terlatih, serta menerapkan protokol kesehatan. Maka Anda tidak perlu khawatir serta repot-repot mengunjungi fasilitas kesehatan yang ramai karena ada pasien yang lainnya.

 

dapatkan layanan RT-PCR home service dari KalGen Innolab

 

Untuk persyaratannya sendiri, layanan RT-PCR home service hanya menjangkau wilayah Jabodetabek. Anda juga harus membuat jadwal minimal 2 hari sebelum tes dilakukan. Respon dari hasil tes akan diberikan kepada Anda melalui surat elektronik atau e-mail h+2 hari kerja. Bagi Anda yang berminat atau membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi WhatsApp ke nomor 0822-1307-3850.

 

Selain layanan tes RT-PCR, jangan lupa ya Fams untuk tetap menjaga kesehatan dengan nutrisi dari produk KALBE. Mulai dari nutrisi kehamilan, susu anak, nutrisi dewasa, alat kesehatan, hingga nutrisi khusus yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di KALCare E-Store. Tentunya juga ada berbagai macam suplemen dan vitamin kesehatan di sini yang dapat membantu Anda menjaga daya tahan tubuh selama masa pandemik covid-19.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3638718/kabar-baik-kalbe-siapkan-laboratorium-untuk-tes-rt-pcr-virus-corona