Fams, Ketahui Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Fams, Ketahui Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih memang dikenal sebagai bumbu untuk memasak. Selain itu, bawang putih juga digunakan sebagai obat tradisional lho Fams. Bahkan manfaat bawang putih sebagai obat telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu.

 

Sejarah penggunaan bawang putih untuk kesehatan

 

ketahui manfaat bawang putih bagi kesehatan

 

Menurut Medical News Today, bawang putih sudah digunakan sejak zaman pembangunan piramida Giza di Mesir, atau sekitar 5000 tahun silam. Bahkan Hippocrates yang dijuluki sebagai Bapak Kedokteran Barat sudah menggunakan bawang putih sekitar 460-370 Sebelum Masehi. Hippocrates membuat resep dari bawang putih untuk mengatasi berbagai penyakit seperti gangguan pernapasan, parasit, pencernaan, dan kelelahan.

 

Tidak hanya di Yunani, di Timur Tengah, Asia Timur, dan Nepal memanfaatkan bawang putih untuk mengobati bronkitis. Selain itu dimanfaatkan juga sebagai pengobatan tekanan darah tinggi, perut kembung, hingga demam. Penggunaan bawang putih kian tersebar akibat penjajahan seperti Prancis, Spanyol, dan Portugis.

 

Kandungan nutrisi dan manfaat bawang putih

 

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan riset pada bidang kesehatan, kandungan dan manfaat bawang putih pun diteliti. Akhirnya didapatkan bahwa bawang putih kaya akan nutrisi, tetapi mengandung sedikit kalori. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam bawang putih di antaranya mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, serat, dan senyawa belerang. Sehingga bawang putih memiliki manfaat sebagai berikut.

 

1. Sebagai antibiotik

Di dalam bawang putih, terdapat senyawa diallyl sulfide. Senyawa ini disebut lebih efektif melawan bakteri dibandingkan sejumlah antibiotik lainnya. Bahkan menurut riset yang terbit di Journal of Antimicrobial Chemotherapy, senyawa dalam antibiotik dapat memerangi bakteri jenis Campylobacter. Bakteri ini merupakan salah satu penyebab paling umum infeksi pada usus.

 

2. Melindungi jantung

Diallyl trisulfide dalam bawang putih juga dapat membantu melindungi jantung selama operasi dan setelah serangan jantung. Kesimpulan ini didapatkan dari sejumlah ahli dari Emory University School of Medicine, melalui penelitian pada tikus di laboratorium. Tim menemukan fakta, tikus tersebut mengalami pengurangan 61 persen lebih rendah dibandingkan tikus tanpa senyawa. Selain itu dalam sebuah studi lain, minyak bawang putih dapat membantu melindungi pasien diabetes dari kardiomiopati yang merupakan penyakit kronis yang membuat otot jantung menebal, membesar, atau kaku. Penyakit ini biasanya banyak dialami oleh penderita diabetes.

 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Suplemen bawang putih dikenal sebagai cara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Studi menyebutkan konsumsi ekstrak bawang putih dengan dosis 2,56 gram per hari dapat mengurangi durasi pilek, masuk angin, atau flu. Caranya cukup mudah, Anda cukup mencampurkan bawang putih ke dalam sup atau menu lain untuk mencegah masuk angin.

 

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Suplemen bawang putih memberikan dampak signifikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Menurut hasil studi, 600-1500 miligram ekstrak bawang putih sama efektifnya dengan obat Atenolol yang mengurangi tekanan darah selama 24 minggu. Namun, diperlukan dosis suplemen yang tinggi untuk memberikan efek bagi tubuh, atau setara dengan 4 siung bawang putih per hari untuk menurunkan hipertensi.

 

5. Mengatasi kolesterol tinggi

Peneliti dari Ankara University menguji pemberian ekstrak bawang putih pada 23 pengidap kolesterol tinggi. Mereka diberi instruksi mengonsumsi suplemen bawang putih selama 4 bulan. Dari riset tersebut, kadar kolesterol jahat di dalam tubuh responden menurun.

 

Nah Fams, bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat bawang putih, Anda bisa mencoba Blackmores Odourless Garlic. Blackmores Odourless Garlic adalah suplemen kesehatan tubuh dengan bawang putih dan peterseli yang dapat meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung. Ayo dapatkan Blackmores Odourless Garlic dengan mudah di sini.

 

dapatkan manfaat bawang putih dari Blackmores Odourless garlic

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/01/31/090300368/ribuan-tahun-digunakan-ini-6-manfaat-bawang-putih-bagi-kesehatan?page=all