Fams, Kenalan Yuk Dengan Black Garlic

Fams, Kenalan Yuk Dengan Black Garlic

Fams, Anda tentu mengenal bawang merah atau bawang putih kan? Keduanya tidak hanya bermanfaat sebagai penambah rasa pada masakan, tetapi juga untuk kesehatan. Nah ternyata selain bawang merah dan bawang putih, ada juga black garlic atau bawang hitam lho Fams!

 

Mengenal black garlic

 

Black garlic atau bawang hitam jenis bawang putih yang telah melalui proses fermentasi sehingga bawang tersebut mengalami perubahan warna. Sehingga sebenarnya tidak bawang hitam bukan merupakan jenis bawang baru.

 

Proses fermentasi bawang ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 4-5 hari. Selama waktu tersebut, bawang harus selalu dicek untuk mencegah terjadinya perubahan suhu. Proses fermentasi bawang tidak hanya merubah warnanya saja. Tetapi bawang hitam akan memiliki rasa sedikit manis dan gurih, serta tekstur yang lebih lunak.

 

Manfaat black garlic

 

Hampir sama dengan bawang putih, bawang hitam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi. Misalnya seperti Black Garlic Herbalen yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sini. Berikut adalah beberapa manfaat black garlic untuk kesehatan Anda:

 

kenali manfaat black garlic untuk kesehatan

 

1. Mencegah penyakit kanker

Menurut sebuah penelitian, black garlic memiliki manfaat bagi kesehatan, terkait dengan kanker. Black garlic terbukti menginduksi kematian sel kanker, mencegah metastasis, dan menghambat pertumbuhan tumor. Para peneliti percaya bahwa efek anti kanker dari bawang hitam karena kandungan antioksidannya.

 

2. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi black garlic dapat membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Sebab black garlic dapat membantu Anda dalam mengontrol gula darah secara alami. Sehingga Anda dapat menurunkan risiko diabetes.

 

3. Melindungi organ hati

Black garlic dapat mencegah kematian sel-sel pada organ hati. Terutama gangguan fungsi hati yang disebabkan oleh infeksi, paparan obat-obatan, zat kimia, alkohol, dan faktor lainnya. Tidak hanya itu, black garlic juga dapat melindungi sel-sel hati dari radikal bebas, peradangan, serta mencegah penumpukan lemak pada hati.

 

4. Menjaga daya tahan tubuh

Black garlic termasuk sebagai sumber antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, S-allylcysteine, alkaloid, dan masih banyak yang lainnya. Antioksidan dikenal dengan manfaatnya untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Sehingga dapat membantu dalam upaya menjaga daya tahan tubuh.

 

5. Menjaga kesehatan otak

Manfaat selanjutnya dari black garlic adalah menjaga kesehatan otak. Black garlic akan melindungi sel-sel saraf otak dari peradangan, dampak negatif zat aditif makanan, serta zat lainnya yang bersifat merusak. Lebih lanjut, black garlic juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja memori dan memperlambat penurunan kognitif. Sehingga mengonsumsi black garlic dapat menurunkan risiko penyakit yang menyerang otak, seperti alzheimer.

 

6. Menjaga kesehatan jantung

Antioksidan pada black garlic mendukung fungsi kardiovaskular dan dapat meningkatkan sirkulasi yang baik bagi orang yang memiliki penyakit jantung koroner. Menurut sebuah penelitian, bawang hitam yang sudah tua dapat meningkatkan lemak darah yang selanjutnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam uji klinis black garlic dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi konsentrasi lipoprotein aterogenik, penanda risiko penyakit arteri koroner.

 

7. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada bawang hitam memberikan efek positif pada kulit. Sehingga dengan mengonsumsi black garlic, Anda dapat mencegah penuaan dini. Terutama penuaan dini yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat serta paparan sinar matahari.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi black garlic, seperti dari produk Herbalen. Untuk mengonsumsi black garlic, Anda bisa makan secara langsung setelah makan utama. Atau Anda bisa menjadikan black garlic sebagai bumbu tambahan pada makanan Anda. Tersedia juga Black garlic Herbalen dalam bentuk pasta sehingga bisa Anda jadikan sebagai toping makanan.

 

Salam,

KALCare

 

 

Sumber:

https://hot.liputan6.com/read/4073093/manfaat-black-garlic-untuk-kesehatan-bukan-bawang-putih-biasa