Fams, Hindari Minum Alkohol Pada Perayaan Tahun Baru Ya!


Fams, Hindari Minum Alkohol Pada Perayaan Tahun Baru Ya!

Fams, Hindari Minum Alkohol Pada Perayaan Tahun Baru Ya!

Pada perayaan tahun baru, berkumpul bersama teman atau keluarga merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh masyarakat. Tidak hanya sekadar berkumpul saja, tetapi ada berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan bersama-sama. Misalnya seperti bakar-bakar, memasang kembang api, atau bahkan mengonsumsi alkohol.

 

ketahui efek samping mengonsumsi alkohol

 

Budaya mengonsumsi alkohol pada tahun baru memang ramai sekali dilakukan, terutama pada masyarakat urban. Tetapi sayangnya, kebanyakan orang yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan pada malam tahun baru. Padahal minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan jangka pendek, maupun jangka panjang lho. Berikut penjelasannya.

 

Efek jangka pendek mengonsumsi minuman beralkohol yang berlebihan

 

Menurut Young Men’s Health, kondisi mabuk karena mengonsumsi alkohol terjadi karena ada fungsi kesehatan tubuh yang tidak bekerja dengan baik. Akibatnya Anda akan mengalami reaksi yang lebih lambat dari segala hal di sekitar, koordinasi antar bagian tubuh menjadi berkurang, penglihatan yang kabur, serta sulit berpikir jernih. Selain itu, efek alkohol sudah terjadi sejak tegukan pertama hingga selanjutnya. Misalnya seperti jantung yang berdebar, wajah memerah, berkeringat, perubahan suasana hati, hingga keracunan. Hal ini terjadi karena:

  1. Kerja fungsi otak Anda yang tidak selaras akibat mengonsumsi alkohol. Itulah yang membuat Anda memerintahkan otak untuk memukul, tetapi yang dilakukan malah menendang.
  2. Pembuluh darah yang melebar, sehingga Anda merasa lebih hangat. Padahal sebenarnya temperatur tubuh inti yang menurun atau lebih dingin.

Perlu Anda ketahui, efek jangka pendek ini dipengaruhi oleh seberapa banyak seseorang mengonsumsi alkohol, batas kemampuan, hingga makanan yang dikonsumsi sebelum minum alkohol. Sehingga tiap orang akan mengalami efek jangka pendek dalam durasi yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

 

Efek jangka panjang mengonsumsi alkohol yang berlebihan

 

Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol terutama dalam jumlah yang banyak tentunya memberikan masalah bagi kesehatan fisik dan mental kronis. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa alkohol merupakan penyebab lebih dari 200 jenis penyakit dan cedera. Belum lagi beberapa efek jangka panjang alkohol pada organ tubuh seperti kerusakan hati, ginjal, pankreas, otak, dan paru-paru. Tentunya Anda sudah tahu bahwa minuman beralkohol paling memberikan efek buruk pada organ hati. Sehingga Anda perlu mengonsumsi suplemen kesehatan hati Hepamax, untuk menjaga fungsi hati akibat mengonsumsi alkohol. Anda bisa mendapatkan Hepamax dengan mudah di sini.

 

jaga kesehatan hati dengan suplemen Hepamax

 

Seseorang yang berlebihan mengonsumsi alkohol di masa mendatang juga dapat mengalami penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, kelebihan berat badan atau obesitas, kekurangan folat hingga malnutrisi, serta masalah seksual seperti ejakulasi dini. Selain itu, mengomsumsi alkohol berlebihan akan menyebabkan gangguan perilaku jangka panjang seperti suka melukai diri sendiri, bahkan tindakan bunuh diri.

 

Cara membatasi konsumsi alkohol selama tahun baru

 

Jika Anda terpaksa atau tetap ingin mengonsumsi alkohol saat tahun baru, lakukanlah beberapa hal berikut ini untuk membatasinya:

  1. Rencanakan malam tahun baru Anda bersama keluarga atau kerabat di rumah tanpa alkohol dan buat kegiatan lain yang lebih menarik.
  2. Pikirkan bahaya dari konsumsi alkohol yang berlebihan pada malam tahun baru, terutama dari hal-hal di atas.
  3. Ketahui batas toleransi tubuh Anda terhadap alkohol.
  4. Anda dapat meminum alkohol sesuai dengan aturan yang sehat, seperti untuk perempuan sekitar dua hingga tiga gelas, dan pria tiga hingga empat gelas.
  5. Sebelum mengonsumsi alkohol Anda perlu makan. Begitu juga saat sedang minum alkohol, Anda juga dianjurkan sambil mengonsumsi makanan.
  6. Hindari mengisi kembali gelas yang setengah kosong. Sebab hal ini dapat membuat Anda sulit menilai berapa banyak alkohol yang sudah diminum.
  7. Konsumsi minuman berkarbonasi atau air putih di sela-sela gelas minuman beralkohol.

 

Jadi sudah tahu kan efek samping dari mengonsumsi alkohol selama tahun baru? Yuk ganti kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam perayaan malam tahun baru dengan aktivitas yang lebih bermanfaat sekaligus dapat menjaga kesehatan. Sebab lebih baik Anda tetap sehat daripada harus menderita sakit di tahun 2021 kan? Jangan lupa untuk tetap dukung kesehatan Anda beserta keluarga dengan produk dari KALCare.com.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636086/pentingnya-batasi-minuman-beralkohol-saat-perayaan-tahun-baru