Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Pada Wanita


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Pada Wanita

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Pada Wanita

Mungkin ada di antara Anda yang sudah merencanakan kehamilan hingga menerapkan cara cepat hamil. Namun sekeras apapun Anda berusaha, hasil yang diharapkan tak kunjung didapatkan. Berbagai pertanyaan pun mulai bermunculan. Apa ada yang salah? Atau mungkin ada kondisi medis yang mengganggu kesuburan? Memang butuh pemeriksaan mendalam untuk mengetahuinya secara pasti. Selain itu, Anda juga perlu mencermati faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan seperti berikut ini.

 

Berat Badan Kurang Ideal

Terlalu kurus atau terlalu gemuk sama-sama buruk. Saat tubuh terlalu kurus, hormon leptin yang juga mempengaruhi siklus menstruasi akan terpengaruh. Begitu juga saat tubuh terlalu gemuk. Semakin tinggi bobot seorang wanita, fungsi ovariumnya juga semakin rendah. Jika kondisi obesitas ini dialami saat masih muda atau di bawah 18 tahun, risiko mengalami sulit hamil atau polycystic ovary syndrome (PCOS) akan semakin besar.

 

Usia yang Terlalu Tua

Semakin tua usia seorang wanita, semakin sulit ia untuk hamil. Biasanya menurunnya peluang kehamilan ini semakin turun mulai usia 35 tahun. Jika ingin hamil, dibutuhkan cara cepat hamil yang lebih dari biasanya.

 

Kebiasaan Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Sudah bukan rahasia lagi jika kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol bisa mengganggu kesehatan. Kondisi kesehatan yang terganggu ini bisa berimbas pada kesuburan seorang wanita. Dalam kasus merokok saja, hormon dan DNA bisa rusak karenanya. Begitu pula dengan kebiasaan minum minuman beralkohol. Wanita yang minum lebih dari 1 gelas per hari cenderung lebih sulit hamil.

 

Kecanduan Kafein

Apakah Anda pencinta kopi? Jika iya, Anda harus waspada. Kecanduan kafein bisa membuat otot berkontraksi secara abnormal. Ini bisa membuat sel telur yang seharusnya ada di ovarium berpindah ke rahim. Inilah yang membuat sel telur sulit untuk dibuahi.

 

 

Paparan zat kimia, olahraga berat dan masalah pada tiroid juga turut mempengaruhi kesuburan wanita. Semua itu bisa mengganggu usaha Anda dalam menerapkan cara cepat hamil. Segera konsultasi ke dokter. Selama masih ada masalah dalam tubuh Anda, selama itu juga Anda sulit hamil. Namun untuk membantu mempersiapkan tubuh, konsumsi Susu Prenagen juga penting.

 

 

 

Salam,

KALBE Store