Fakta dan Mitos Seputar Susu Ibu Hamil

Fakta dan Mitos Seputar Susu Ibu Hamil

Ternyata saat ini masih banyak ibu yang belum mengetahui manfaat susu ibu hamil. Banyak calon ibu beranggapan bahwa susu ibu hamil bisa membuat badan menjadi gendut saja. Padahal hal ini tidak pernah ditelusuri lagi lebih lanjut apakah benar adanya.

 

Kadangkala info yang tersebar ini tidak bisa dipertangung jawabkan sumbernya, dan bisa membingungkan para Ibu hamil.

 

Agar Anda tidak bingung mana yang mitos dan fakta tentang susu ibu hamil, simaklah penjelasan berikut.

 

Susu Ibu Hamil Sebabkan Berat Badan Bayi Saat Lahir Berat

Ternyata ini hanyalah mitos belaka. Faktanya, bayi berukuran besar disebabkan karena ibu kelebihan kalori.

 

Kebutuhan kalori Anda adalah 2400 kkal per hari. Namun, sering kali Anda mengonsumsi makanan tinggi kalori namun rendah nutrisi, seperti makanan cepat saji atau kue manis. Itulah yang membuat Anda gemuk dan bayi besar saat lahir.

 

Sangat disarankan untuk tidak berhenti minum susu sebab nutrisi dalam susu ibu hamil sangat penting bagi Anda dan janin.

 

Susu Bikin Mual

Ternyata indera penciuman ibu hamil memang sangat sensitif, khususnya di trimester pertama, sehingga rasa mual saat mencium bau susu bisa saja terjadi. Tapi, susu ibu hamil kini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, bahkan ada juga yang diberi madu dan jahe untuk atasi mual akibat morning sickness.

 

Minum Susu Kedelai Lebih Baik

Kenyataannya susu sapi lebih baik dari susu kedelai dalam hal vitamin dan gizi. Sebab, susu sapi mengandung protein hewani yang kandungan asam amino esensialnya lebih lengkap.

 

Meskipun susu kedelai memiliki kandungan zat besi paling tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi, tapi pada susu kedelai mengandung asam nitrat yang menghambat penyerapan zat besi pada tubuh.

 

Minum Susu Kedelai, Bayi Lahir Bersih Tanpa Lemak

Ternyata tidak benar, kandungan lemak pada susu kedelai memang lebih rendah dibanding susu sapi, tapi tidak akan membuat bayi bersih tanpa lemak.

 

Adanya lemak pada bayi biasanya dipengaruhi oleh lemak di tubuh Anda yang didapat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

 

Kulit Bayi Putih Karena Susu Kedelai

Ternyata warna kulit bayi itu ditentukan oleh faktor genetis kedua orang tua. Pigmen warna di kulit tidak akan berubah menjadi putih meski ibu hamil banyak minum susu kedelai.

 

Itulah 5 hal seputar fakta & mitos yang sering didengar oleh ibu hamil, semoga bermanfaat.

 

 

Salam,

KALCare