Etika Batuk dan Bersin yang Benar untuk Cegah Corona

Etika Batuk dan Bersin yang Benar untuk Cegah Corona

Setelah hampir 2 bulan terdapat penyebaran virus corona di berbagai Negara, Indonesia akhirnya juga mengumumkan adanya kasus serupa di Tanah Air. Bahkan pengumuman ini ditegaskan oleh Presiden Republik Indonesia sendiri berdasarkan hasil laporan dari Kemenkes pada 2 Maret 2020.

 

Dua WNI positif corona

 

Temuan pasien positif corona di Indonesia tentu membuat masyarakat sedikit gempar. Pasalnya Indonesia merupakan Negara di Asia Tenggara yang belum terdapat kasus warga Negara yang terkena corona. Nyatanya kini 2 orang sudah dinyatakan positif terjangkit corona. Keduanya merupakan ibu dan anak yang tinggal pada daerah Depok, Jawa Barat. Keduanya pun kini telah menjalani perawatan intensif di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

 

Kronologi awal penemuan kasus ini dimulai dengan temuan warga Negara Jepang yang dinyatakan positif corona saat tiba di Malaysia. Padahal sebelumnya diketahui bahwa pasien tersebut sempat berkunjung ke Indonesia. Tim dari Indonesia pun melakukan penelusuran terkait hal tersebut. Sehingga didapatkanlah data bahwa Ia selama di Indonesia berhubungan dengan ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun. Setelah dicek, didapatkan bahwa kedua orang ini juga positif corona sehingga dilakukan tindakan medis lanjutan berupa isolasi.

 

Batuk dan bersin dapat menyebarkan virus corona

 

Penularan virus corona bisa melalui berbagai macam cara. Salah satunya adalah melalui udara dengan batuk dan bersin. Untuk itu, Anda perlu tahu etika batuk dan bersin yang benar terutama saat di tempat umum. Berikut ini merupakan cara yang harus Anda lakukan saat batuk dan bersin.

 

1. Gunakan tisu jika hendak batuk atau bersin.

 

 

 

gunakan tisu saat batuk

 

 

 

2. Tutup bagian hidung dan mulut dengan menggunakan tisu, lalu Anda bisa batuk dan bersin. Dengan menutup mulut dan hidung, Anda menghambat penyebaran virus melalui udara agar tidak tersebar atau terjangkit pada orang lain.

 

 

 

tutup mulut dan hidung dengan tisu

 

 

 

3. Tisu bekas pakai harus langsung Anda buang ke tempat sampah. Jangan menggunakan tisu bekas pakai tersebut lebih dari satu kali karena akan membuat virus dan bakteri menyebar, bahkan kembali masuk ke dalam tubuh Anda.

 

 

 

buang sampah bekas flu batuk

 

 

 

4. Setelah batuk atau bersin, Anda harus langsung mencuci tangan Anda menggunakan sabun. Walaupun sudah menggunakan tisu sebagai penghalang penyebaran virus, tangan Anda juga dapat menjadi sarang dari virus yang dikeluarkan melalui batuk dan bersin. Virus tersebut juga bisa menyebar ke orang lain jika Anda melakukan kontak langsung seperti bersalaman. Cucilah tangan Anda seluruhnya minimal selama 20 detik.

 

 

 

mencuci tangan

 

 

 

Pilihan lain untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri dari batuk dan bersin adalah dengan menggunakan masker. Jadi Anda sangat disarankan untuk terus mengenakan masker pada saat sakit batuk atau flu. Anda dapat juga menggunakan masker saat berada di tempat umum agar terhindar dari virus akibat batuk dan bersin orang lain.

 

Tetapi kenyataannya masih banyak yang tidak menerapkan etika batuk dan bersin yang benar. Cara-cara yang salah seperti hanya memalingkan muka saat batuk dan bersin, menutup mulut dan hidung dengan tangan, atau bahkan tidak menutup sama sekali. Padahal ketiganya sangat memudahkan penyebaran virus dan bakteri lho.

 

 

 

(Cara batuk dan bersin yang salah)

 

 

 

Untuk itu, yuk mulai budayakan etika batuk dan bersin yang benar seperti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Beritahu juga cara batuk dan bersin yang benar ini kepada keluarga atau kerabat Anda untuk memperkecil penyebaran virus, terutama corona.

 

Konsumsi suplemen kesehatan

 

Tidak hanya sekadar menerapkan etika batuk dan bersin, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat, rajin mencuci tangan, hingga rutin melakukan olahraga. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh sebab sampai saat ini belum diumumkan adanya obat untuk mengatasi corona. Sebagai referensi, Anda dapat mengonsumsi suplemen H2 Shark Liver Oil. Suplemen dari H2 Health & Happiness dengan Alkylglycerol dan Squalene berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan langsung H2 Shark Liver Oil dengan membeli suplemen & vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dengan mudah di sini. Dapatkan juga pilihan suplemen dan makanan sehat lainnya hanya di KALCare yang menjual suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik online.

 

 

 

 

 

 

Yuk cegah penyebaran virus corona. Kuncinya adalah menerapkan budaya hidup sehat, mengonsumsi suplemen untuk daya tahan tubuh yang kuat, serta jangan panik. Selama tubuh Anda sehat, niscaya semua penyakit bahkan corona dapat dihindari.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/health/read/4191698/kronologi-2-pasien-di-indonesia-terkena-virus-corona

https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/02/131442365/indonesia-positif-corona-berikut-gejala-virus-corona-pada-manusia?page=2

http://yankes.kemkes.go.id/read-ayo-gunakan-etika-ketika-batuk-4931.html