Jangan Sampai Berlebihan, Ini Efek Samping Madu Bagi Ibu Hamil

Jangan Sampai Berlebihan, Ini Efek Samping Madu Bagi Ibu Hamil

Madu telah lama dikenal berkhasiat bagi kesehatan. Bahkan madu juga kerap dimanfaatkan sebagai suplemen penambah stamina. Rasanya yang manis alami pun sangat mudah untuk disukai. Tak mengherankan, madu juga kerap menjadi campuran makanan, termasuk susu ibu hamil. Namun khasiat madu ini tidak berlaku jika dikonsumsi secara berlebihan, terlebih untuk ibu hamil. Karena jika demikian, efek samping berikut bisa saja dialami.

 

Kepala Pusing

Mungkin ini kurang disadari oleh sebagian besar orang. Namun perlu Anda tahu, ada beberapa jenis madu yang mengandung tanaman Rhododendron yang cukup beracun. Jika lebah yang membuat madu mengambil sari dari tanaman yang satu ini, sangat mungkin madu yang dihasilkan mengandung racun grayanotoksin yang bisa membuat kepala pusing.

 

Perut Mual

Gejala mual yang kerap dirasakan oleh ibu hamil muda bisa semakin parah tatkala mengonsumsi madu yang dibuat dari tanaman semak tutu. Efeknya, mual yang dirasakan akan semakin parah. Bahkan tidak jarang ibu hamil muntah-muntah.

 

Sesak Nafas

Reaksi yang satu ini bisa muncul jika ibu hamil memiliki alergi serbuk sari. Ini bisa terjadi jika ibu hamil mengonsumsi madu alami yang belum diolah sama sekali. Anda tidak harus mengalami hal seperti ini. Jika ingin mendapatkan khasiat madu tanpa merasakan efek sampingnya, pilihlah madu yang higienis dan jangan lupa juga untuk mengonsumsi susu ibu hamil.

 

Diabetes

Sifat manis dari madu sangat mungkin meningkatkan risiko terserang diabetes. Mengonsumsinya dipastikan akan meningkatkan gula darah. Tentunya dampaknya bisa lebih parah jika sang ibu memang sudah menderita diabetes.

 

Badan Bengkak

Bagi ibu hamil yang memiliki alergi madu, sangat mungkin mereka mengalami masalah yang satu ini. Badan menjadi bengkak setelah mengonsumsi madu. Bengkak akibat alergi ini biasanya mulai muncul pada area wajah.

 

 

Jika ingin mengonsumsi madu, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pastikan bahwa madu yang Anda konsumsi aman dan konsumsi sesuai aturan. Jika ingin memperoleh nutrisi lengkap, masih ada susu ibu hamil. Mengonsumsi susu hamil seperti Susu Prenagen juga sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin.

 

 

 

Salam,

KALBE Store