Apa saja Efek Samping Kolagen yang Perlu Diketahui?

Apa saja Efek Samping Kolagen yang Perlu Diketahui?

Demi tampil cantik dan awet muda, tidak sedikit wanita yang rela melakukan perawatan mahal bahkan terkesan tidak masuk akal. 

Kehadiran berbagai produk kecantikan juga semakin memudahkan kaum hawa untuk memaksimalkan kecantikan yang dimilikinya. Namun tidak ada produk kecantikan yang benar-benar bisa mengatasi keriput. Yang bisa dilakukan hanyalah memperlambat penuaan dan menyamarkan keriput. 

 

Produk kecantikan demi tampil cantik

 

Minuman kolagen adalah salah satu contoh menarik untuk membantu mengatasi penuaan dini. Alasannya, Kolagen merupakan protein yang diproduksi tubuh guna mengencangkan kulit. Maka tidak heran jika kolagen dikenal fungsinya untuk membuat kulit tampak awet muda. Tidak hanya diproduksi oleh tubuh manusia saja, kita juga dapat memanfaatkan kolagen yang berasal dari hewan dan tumbuhan.

Kolagen memang juga baik untuk menghaluskan dan memudakan kulit. Tapi jangan salah. Konsumsinya tetap harus dikontrol. Karena harus Anda ketahui, ada beberapa efek samping kolagen seperti berikut ini.

 

Menyebabkan Masalah Pencernaan

 

Menyebabkan Masalah Pencernaan

 

 

Mungkin agak sepele, akan tetapi jika dibiarkan, masalah yang lebih serius seperti wasir bisa Anda alami. Sebenarnya Anda bisa mengurangi efek samping ini dengan minum air putih yang cukup. Akan tetapi akan jauh lebih baik jika Anda tetap mengonsumsi kolagen termasuk minuman kolagen Diva sesuai dengan aturan.

 

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan agar Tetap Produktif

 

Kematian Dini Sel dalam Kulit

 

Kematian dini sel dalam kulit

 

Jika dikonsumsi tidak sesuai dengan aturan, minuman kolagen Diva pun bisa menyebabkan gangguan nekrosis kulit. Gangguan kulit ini terjadi akibat kurangnya suplai darah ke jaringan. Dalam kondisi yang lebih serius, nekrosis kulit bisa mematikan sel-sel kulit.

 

Terjadinya Pigmentasi Kulit

 

Terjadinya Pigmentasi Kulit

 

Efek samping yang satu ini biasanya dialami oleh mereka yang melakukan suntik kolagen. Pigmentasi kulit pun umumnya hanya terjadi di area tertentu saja, tepatnya pada bagian yang sebelumnya disuntik. Kondisi ini bisa semakin parah jika tidak ditangani secepat mungkin. Hingga akhirnya, jaringan parut pun muncul pada area yang mengalami pigmentasi kulit ini.

 

Menyebabkan Memar pada Tubuh

 

Menyebabkan Memar Pada Tubuh

 

Jika Anda memilih untuk suntik kolagen, hati-hati dengan efek samping yang satu ini. Biasanya masalah ini memang hanya berlangsung selama 1 minggu. Tapi jangan diabaikan. Karena jika Anda meremehkannya, kondisi ini akan memicu munculnya jaringan parut.

 

Memicu Insomnia dan Sakit Kepala

 

Memicu Insomnia dan sakit kepala

 

Sebagian orang memiliki sensitivitas terhadap glutamic acid. Di mana zat ini terkandung di dalam kolagen. 

Jika sensitif, maka efek sampingnya bisa langsung terasa. Beberapa efeknya antara lain insomnia atau kesulitan tidur saat malam hari. Sementara ada juga yang merasa pusing. 

 

Baca juga: Tips Makan Sehat Untuk Bantu Atasi Insomnia

 

Menyebabkan Batu Ginjal

 

Menyebabkan Batu Ginjal

 

Anda yang punya riwayat batu ginjal sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kolagen. Pasalnya, hydroxyproline merupakan jenis asam amino yang akan melewati ginjal dan menjadi urin. 

Kandungan yang ada di kolagen ini bisa menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi berlebihan. 

Untuk menghindarinya, jangan konsumsi berlebihan dan penuhi asupan air putih setiap hari. 

 

Mengalami Tinggi Kalsium dalam Darah

 

Mengalami Tinggi Kalsium dalam Darah

 

Selain mengencangkan kulit, kolagen juga meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Jika kadar kalsium kamu sampai berlebihan, maka bisa menimbulkan hiperkalsemia. 

Yang akan Anda rasakan adalah mudah merasa lelah, sering mual, dan merasa sakit di area tulang. Jangan diabaikan karena bisa membahayakan kesehatan. Hentikan dahulu konsumsi kolagen dan hitung ulang asupan gizi Anda. 

 

Itu dia efek samping minum kolagen. Sebenarnya perawatan kulit menggunakan kolagen aman, asalkan dilakukan sesuai dengan aturan dan petunjuk dokter. Misalnya saja minuman kolagen Diva. Jika dikonsumsi dengan benar, memperoleh kulit cantik dan awet muda bukan hanya angan-angan saja. Namun perlu diketahui, penggunaannya tetap harus hati-hati. Saat memilih produk juga demikian. Pastikan selalu untuk memilih produk yang memang telah teruji seperti Diva.

 

Diva Mixed Berries 6x85 ml

 

Alasannya, Diva mengandung kombinasi lengkap dari nutrisi kulit seperti kolagen, super fruits serta vitamin E dan A. Kandungan kolagennya mampu membantu meningkatkan kelembaban, kehalusan dan elastisitas kulit, mengurangi garis halus dan membantu regenerasi sel kulit.

 

Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk Diva melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

 

 

 

Salam,

 

KALCare