Efek Samping Eksfoliasi yang Berlebihan


Efek Samping Eksfoliasi yang Berlebihan

Efek Samping Eksfoliasi yang Berlebihan

Bagi perempuan, eksfoliasi mungkin bukan suatu hal yang asing. Eksfoliasi merupakan teknik kecantikan yang membantu proses pengelupasan sel kulit mati pada wajah. Dengan melakukan eksfoliasi, kulit wajah akan tampak lebih cerah, halus, lembut, bekas jerawat memudar, dan terhindar dari kulit kusam. Selain itu, warna kulit menjadi rata, tidak ada sumbatan kelenjar, jerawat, dan kerutan.

 

ketahui efek samping eksfoliasi yang berlebihan

 

Namun, sebelum melakukan eksfoliasi secara rutin, Anda perlu menyesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Sebab jika sampai Anda melakukan over exfoliate atau eksfoliasi yang berlebihan, akan memberikan efek samping bagi kulit. Berikut merupakan efek eksfoliasi yang berlebihan pada kulit Anda.

1. Memperparah jerawat

Jika Anda terlalu sering eksfoliasi, lapisan pelindung kulit dapat menjadi rusak. Kondisi ini dapat membuat bakteri mudah berkembang biak di wajah Anda, dan menyebabkan munculnya jerawat. Mungkin Anda akan menganggap sebagai purging, tetapi kalau sudah terjadi lebih dari dua minggu bahkan lebih, hal tersebut bukanlah purging. Tetapi kulit yang meradang karena eksfoliasi yang berlebihan.

 

2. Permukaan kulit terasa seperti lilin

Jika setelah eksfoliasi berlebihan kulit Anda terasa seperti manekin, hal tersebut bukan pertanda baik. Hal ini karena kebanyakan produk eksfoliasi menggunakan bahan Retin-A yang dapat memberikan efek kulit tampak mengilap. Ini bukanlah efek glowing, tetapi tekstur alami kulit Anda sudah terangkat yang tidak baik bagi kulit. Sebaiknya hentikan penggunaan produk eksfoliasi sesegera mungkin.

 

3. Kulit terasa kering dan kencang

Eksfoliasi berlebihan dapat membuat kulit terasa kering dan kencang. Tanda bahwa kulit sudah terlalu kering dan kencang adalah pada saat Anda merasa wajah terlalu kencang seperti tertarik saat Anda tersenyum, setelah mencuci wajah. Hal ini terjadi karena kulit Anda sudah kehilangan kelembapan alami, sehingga terasa sangat kering dan kencang.

 

4. Kulit menjadi dehidrasi

Dehidrasi kulit dapat ditandai dengan permukaan yang terasa kering atau kasar. Tetapi jika pada kulit Anda tiba-tiba muncul kerutan atau kulit di area bawah mata yang tampak menghitam, bisa jadi itu tanda kulit dehidrasi akibat terlalu sering eksfoliasi. Selain itu, tanda kulit dehidrasi dapat ditandai dengan garis senyum yang terlihat sangat jelas.

 

5. Minyak yang berlebih

Efek lainnya yang dapat disebabkan oleh eksfoliasi yang berlebihan adalah kulit semakin berminyak. Kondisi ini biasanya terjadi pada Anda yang memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi. Kondisi minyak yang berlebih pada wajah ini disebabkan oleh kurangnya hidrasi kulit yang membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak. Sehingga penampilan Anda dapat terganggu akibat minyak berlebih pada kulit wajah.

 

Waktu terbaik untuk melakukan eksfoliasi

 

Nah, agar Anda terhindar dari masalah kulit di atas, disarankan melakukan eksfoliasi 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Ini berlaku bagi Anda yang menggunakan produk untuk eksfoliasi sendiri di rumah. Sebab, menurut asumsi Dermatologis dr. Melyawati Hermawan, SpKK, total kandungan asam tak lebih dalam produk eksfoliasi tidak lebih dari 10 persen. Hal ini sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga aman digunakan dalam jangka waktu 2-3 dalam seminggu. Sedangkan untuk eksfoliasi di klinik kecantikan, sebaiknya dilakukan 1-2 minggu sekali, dan tergantung kondisi kulit.

 

Anda juga disarankan untuk melakukan eksfoliasi pada malam hari. Sebab pada siang hari, kulit membutuhkan tabir surya untuk melindunginya. Lalu pada malam hari, zat-zat yang terdapat dalam bahan eksfoliasi akan bekerja lebih baik. Anda juga dapat menggunakan Diva untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung Kolagen Aktif, Super Antioksidan, dan Vitamin E. Dapatkan segera minuman kecantikan Diva dengan mudah di sini.

 

selain eksfoliasi, jaga kesehatan kulit dengan Diva

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://kumparan.com/kumparanstyle/bahaya-terlalu-sering-eksfoliasi-bagi-kulit-anda-27431110790541318