Kenapa Tidak Boleh Begadang? Ini Efeknya Bagi Kesehatan


Kenapa Tidak Boleh Begadang? Ini Efeknya Bagi Kesehatan

Kenapa Tidak Boleh Begadang? Ini Efeknya Bagi Kesehatan

Jika ingin hidup sehat, kuncinya sederhana. Jaga asupan makanan dan jangan lupa berolahraga. Cukup dengan dua hal tersebut, Anda akan merasakan perubahan yang cukup besar. Namun ada satu hal lagi yang juga penting. Cukup istirahat, khususnya tidur di malam hari. Ada banyak hal yang terjadi pada tubuh saat Anda tidur. Sel-sel baru dibentuk. Organ-organ tubuh juga dibersihkan. Namun semua itu bisa rusak akibat kebiasaan begadang. Bahkan meski Anda makan makanan sehat, rutin berolahraga hingga minum suplemen Blackmores sekalipun, semua itu tidak akan banyak berguna jika waktu tidur Anda Berantakan. Berikut beberapa efek buruk begadang bagi kesehatan.

 

Sistem Imun Menurun

Saat tubuh kurang istirahat, metabolisme tubuh akan terganggu. Sel-sel tubuh yang seharusnya diperbaiki tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Tubuh jadi tidak rileks dan penyakit pun semakin mudah menyerang.

 

Stres

Tidur adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres. Jadi jika Anda kurang tidur, bisa dipastikan tidak ada recovery yang terjadi. Stres akan bertahan lebih lama. Kurang tidur sendiri sebenarnya juga bisa menyebabkan stres. Jadi meski Anda rutin mengonsumsi suplemen Blackmores sekalipun, semua tidak akan banyak berarti jika waktu tidur Anda berantakan.

 

Sulit Konsentrasi

Tidak tidur semalaman bisa membuat kepala terasa pusing. Inilah yang menyebabkan sulit berkonsentrasi. Semangat beraktivitas juga berkurang. Bisa dipastikan, produktivitas menurun tajam. Ini sangat bertolak belakang dengan tujuan begadang yang biasanya untuk menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

 

Diabetes

Saat tidur, gula darah akan menurun akibat proses detoksifikasi yang terjadi pada organ hati. Namun sebaliknya, gula darah akan meningkat saat Anda tetap terjaga. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, penyakit diabetes akan menyerang.

 

 

Tidur sendiri juga ada aturannya. Bukan hanya lama waktu tidur, Anda juga harus memperhatikan batas maksimal kapan Anda harus tidur. Usahakan untuk tidak tidur lebih dari jam 10 malam. Hindari hal-hal yang bisa mengganggu kualitas tidur Anda seperti bermain gadget sebelum tidur atau bahkan mengonsumsi minuman ataupun makanan yang mengandung kafein. Agar tubuh tetap bugar, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen Blackmores.

 

 

 

Salam,

KALBE Store