Diet Sesuai Jenis Genetik Tubuh

Diet Sesuai Jenis Genetik Tubuh

Banyak orang belum mengetahui bahwa ada 3 jenis genetik yang membentuk tubuh Anda. Apakah Anda pernah perhatikan teman atau anggota keluarga? Mengapa ada seorang yang konsumsi makanan dengan porsi lebih banyak atau sama dengan Anda tetapi orang tersebut tidak bisa gemuk.

 

Ada 3 tipe tubuh manusia yang masing–masing memiliki cara kerja metabolisme yang berbeda-beda. Ada yang memiliki daya pembakaran sangat cepat, dan yang lain sangat lambat.

 

Berikut jenis-jenis genetik tubuh:

– Jenis Genetik Tubuh Ectomorph (Susah Gemuk)

Secara umum, orang berjenis tubuh Ectomorph adalah orang yang susah untuk menaikkan berat badan. Orang dengan jenis genetik tubuh Ectomorph memiliki beberapa ciri-ciri, di antaranya adalah:

– Memiliki pinggang kecil
– Tubuh yang tumbuh ke atas
– Bahu yang sempit dan kecil
– Jumlah body fat sedikit
– Ukuran sendi tangan kecil

 

Orang dengan tubuh Ectomorph cenderung membutuhkan waktu lama aserta latihan yang keras jika ingin menaikkan masa tubuhnya. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi olahraga cardio seperti lari dan basket.

 

Diet yang tepat untuk jenis tubuh ini adalah dengan menambahkan nutrisi vitamin dan protein agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

 

– Jenis Genetik Mesomorph (Susah Kurus Susah Gemuk)

Jenis tubuh ini dapat dikatakan jenis tubuh ideal karena memiliki beberapa genetik yang baik, seperti halnya pinggang yang kecil dan metabolisme yang cepat.

 

Berbeda halnya dengan Ectomorph, pada jenis tubuh Mesomorph, mudah terjadi pembentukan otot tubuh.

 

Namun, kelemahan dari orang yang memiliki tipe genetik Mesomorph ini adalah menganggap remeh terhadap kualitas nutrisi makanan karena tidak mudah berobesitas, yang bisa menyebabkan kesehatan yang kurang bagus.

 

Oleh karena itu, jagalah nutrisi yang masuk dalam tubuh dengan makan secara teratur.

 

– Jenis Genetik Endomorph (Susah Kurus)

Mungkin Ada beberapa dari Anda yang merasa susah kurus meski sudah melakukan berbagai macam cara. Padahal, hal tersebut mungkin disebabkan karena genetik tubuh Anda termasuk pada jenis Endomorph.

 

Ciri-ciri genetik Endomorph adalah memiliki bentuk tubuh yang bulat, secara alami memiliki banyak lemak di tubuh, memiliki bentuk tulang bulat, memiliki ukuran tangan dan kaki yang pendek, serta  pinggang yang lebih lebar dibanding bahu.

 

Jika Anda memiliki tubuh Endomorph, rajinlah berenang atau olahraga lain secara rutin 2-3 kali dalam seminggu. Dengan begitu, kalori lebih cepat untuk dibakar.

 

Kurangi juga makan makanan yang manis. Hindari juga makan di malam hari. Selain itu, jenis tubuh ini juga memerlukan diet khusus agar bisa mencapai berat badan ideal.

 

Itulah 3 jenis genetik tubuh yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui jenis badan Anda, sesuaikanlah dengan diet yang tepat sesuai jenis genetik tubuh Anda. Selamat mencoba!

 

 

 

Salam,
KALBE Store