Tips Diet Sehat Untuk Kehamilan Trimester Ketiga

Tips Diet Sehat Untuk Kehamilan Trimester Ketiga

Ibu hamil umumnya akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Ini wajar mengingat perut sang ibu yang sedang isi. Konsumsi makanan yang lebih banyak juga menjadi penyebab lain melonjaknya berat badan sang ibu. Meski demikian, tetap ada batasan. Saat kenaikan berat badan ini melebih ambang batas, di saat itulah pola makan harus diubah. Tidak ada yang lebih baik selain diet sehat untuk mengembalikan keseimbangan berat badan sambil tetap menjaga pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Konsumsi makanan bernutrisi seimbang dan susu ibu hamil juga akan membantu. Untuk itu, terapkan tips berikut saat menginjak kehamilan trimester ketiga.

 

Mengontrol Asupan Kalori

Kebutuhan kalori ibu hamil memang cukup tinggi. Akan tetapi, konsumsinya tetap harus dikontrol. Kurangi makanan yang tinggi kalori, khususnya makanan cepat saji dan makanan berminyak. Jauhi juga minuman kemasan. Daripada mengonsumsi makanan tidak sehat, sebaiknya minum susu ibu hamil.

 

Perbanyak Makan Makanan Berserat

Sayur dan buah adalah sumber serat terbaik yang bisa dijumpai. Keduanya juga kaya akan vitamin dan mineral. Mengonsumsi cukup serat akan menjauhkan Anda dari sembelit. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari kesulitan saat melahirkan nanti.

 

Cukupi Kebutuhan Protein

Bisa dibilang protein adalah salah satu nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Protein penting untuk mendukung pertumbuhan janin. Saat mengonsumsi cukup protein, keinginan untuk makan berlebih juga bisa ditekan. Anda dan janin pun terhindar dari risiko obesitas.

 

Konsumsi Makanan Tinggi Asam Folat

Meski sedang hamil tua, kebutuhan akan asam folat tetap harus dijaga. Asam folat sendiri dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah. Menjaga asupannya selama kehamilan trimester ketiga akan menjauhkan Anda dari anemia yang sangat berbahaya jika dialami saat melahirkan nanti. Untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut, Anda juga bisa mengandalkan susu ibu hamil.

 

 

Menerapkan diet sehat di trimester ketiga tentu tidak mudah. Bahkan sekedar mengonsumsi makanan sehat saja sudah cukup menantang. Kondisi seperti ini sebenarnya bisa disiasati dengan mengolah makanan sehat agar menjadi lebih menggugah selera. Selain itu, mengonsumsi Susu Prenagen juga akan membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian tanpa harus makan terlalu banyak.

 

 

 

Salam,

KALBE Store