Prinsip Diet Sehat Untuk Ibu Hamil yang Mengalami Obesitas

Prinsip Diet Sehat Untuk Ibu Hamil yang Mengalami Obesitas

Di masa kehamilan, sangat lazim jika ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan ini sangat beragam sesuai dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) sang ibu sebelum kehamilan. Namun secara umum, kenaikan tersebut berada di kisaran 16 kg. Untuk mencapai angka ideal, tentu ada diet yang harus diterapkan. Konsumsi susu ibu hamil pun perlu dilakukan secara teratur. Jika kenaikan berat badan sudah terlampau tinggi atau melebihi 18 kg, Anda patut waspada. Ini menandakan ada diet yang harus segera diubah. Lantas diet seperti apa yang baik untuk ibu hamil yang mengalami obesitas? Berikut prinsip-prinsipnya.

 

Perhitungkan Jumlah Kalori yang Masuk ke Dalam Tubuh

Cara paling esensial untuk mengembalikan berat badan ideal adalah dengan mengurangi kalori. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 2500 kalori per hari. Angka tersebut akan mengalami peningkatan sebanyak 340 kalori di trimester kedua dan 450 kalori di trimester ketiga. Jadi, pastikan kalori yang masuk tidak terlampau jauh dari angka tersebut.

 

Kurangi Konsumsi Gula

Jika sebelumnya Anda cukup sering mengonsumsi makanan atau minuman manis, kini ubah kebiasaan tersebut. Kurangi konsumsinya gula. Pantau gula darah untuk memastikan kadarnya masih seimbang. Jika memang ingin makan makanan manis, lebih baik konsumsi buah-buahan segar.

 

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Meski mengurangi porsi makanan, bukan berarti nutrisi yang masuk juga harus berkurang. Anda harus tetap mempertahankannya. Jangan kurangi porsi lauk, sayuran dan buah. Selain itu, konsumsi juga susu ibu hamil secara teratur.

 

Minum Cukup Air

Minuman terbaik untuk ibu hamil adalah air putih. Sifatnya yang netral sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air putih juga sangat baik untuk memperlancar metabolisme dan peredaran darah. Untuk itu, pastikan Anda cukup minum air putih setiap harinya. Setidaknya minum 8 hingga 10 gelas air putih setiap harinya.

 

 

Peran susu ibu hamil dalam melengkapi kebutuhan nutrisi juga sangat vital. Akan tetapi, Anda juga harus tahu susu seperti apa yang cocok untuk Anda. Dari beberapa susu hamil yang beredar di pasaran, Susu Prenagen bisa jadi pilihan terbaik.

 

 

 

Salam,

KALBE Store