Jangan Dicoba, Diet Ini Justru Berbahaya Bagi Kesehatan Anda

Jangan Dicoba, Diet Ini Justru Berbahaya Bagi Kesehatan Anda

Ada berbagai macam tipe diet. Beberapa diet tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan, melainkan, ada yang bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol, untuk tubuh yang lebih sehat, dan bahkan ada yang bertujuan untuk menambah berat badan.

Diet yang paling baik dan sehat digambarkan dengan perencanaan makanan dan minuman yang jumlahnya telah diprogram agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Baca juga: Jangan Salah, Ini Jam Makan untuk Diet Yang Ampuh

 

Namun, ada beberapa diet yang justru berbahaya bagi kesehatan Anda. Berikut penjelasannya.

 

Diet Cacing Pita

Diet cacing pita merupakan jenis diet yang cukup berbahaya bila diterapkan. Diet ini dilakukan dengan menelan cacing pita secara sengaja dengan tujuan untuk menurunkan berat badan.

 

Cacing pita dewasa dapat hidup di dalam tubuh manusia selama 30 tahun. Diketahui cacing pita dapat mencuri nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, telur cacing pita dapat menyebabkan infeksi bagi tubuh.

 

Diet Kopi

Diet dengan meneguk kopi dikatakan bahwa dapat mengurangi nafsu makan dan membantu membakar lebih banyak kalori, namun tidak terlalu efektif untuk menurunkan berat badan.

 

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan sakit perut, dan dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam.

 

Diet Makanan Bayi

Pada diet ini, makanan bayi akan menjadi konsumsi harian. Kenyataannya, makanan bayi tidak memiliki cukup nutrisi untuk memenuhi kebutuhan orang dewasa. Hal ini menyebabkan rasa lapar dan dapat menyebabkan makan yang berlebihan.

 

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian untuk Diet Menurunkan Berat Badan

 

Diet Kapas

Beberapa orang telah mencoba diet yang cukup ekstrem ini. Diet ini dilakukan dengan mencelupkan kapas ke dalam jus dan menelannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengisi perut tanpa harus makan banyak dan dengan hasil berat badan yang menurun.

 

Namun, tentu saja terdapat dampak negatif yang diakibatkan oleh diet ini, antara lain, tersedak, infeksi, dan penyumbatan usus.

 

Diet Cuka Apel 

Diet dengan cuka apel dilakukan dengan cara, menyesap sedikit cuka apel sebelum makan dengan tujuan menurunkan nafsu makan dan membakar lemak. Namun, hal ini  belum dibuktikan kebenarannya.

 

Diet ini memiliki efek samping jika dilakukan dalam jangka panjang seperti, risiko mengalami hipoglikemia, hipokalemia, dan juga berdampak buruk bagi tenggorokan Anda.

 

Baca juga: 4 Tips Diet Mudah Anti Gagal dengan SlimFit

 

Nah itulah beberapa diet yang berbahaya bagi kesehatan. Menerapkan diet sebenarnya ada aturannya. Anda tidak bisa asal menerapkannya hanya karena ingin menurunkan berat badan lebih cepat.

 

Ada yang jauh lebih penting dari sekedar menurunkan berat badan, yakni memperoleh nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh dan menerapkan gaya hidup sehat.

 

Daripada menerapkan diet berbahaya seperti di atas, akan lebih baik jika Anda menerapkan diet sehat. Apa Anda juga menginginkan kulit cantik tanpa takut tubuh menjadi gemuk? Untuk yang satu ini, minuman kolagen Diva bisa menjadi jawabannya.

Salam,

KALCare

(NA)

 

Sumber: 

  • WebMD. Diakses pada 20 July 2021. Diets You Should Never Try.