Pentingnya DHA dan AA pada Susu Formula Anak

Pentingnya DHA dan AA pada Susu Formula Anak

Saat memilih susu formula anak, kandungan AA dan DHA selalu menjadi perhatian para orang tua. Bahkan banyak merk susu formula yang menitikberatkan pada kedua kandungan tersebut. AA atau asam arakidonat sendiri merupakan salah satu jenis senyawa yang berasal dari omega 6. Senyawa ini juga ditemukan pada otak serta sel-sel tubuh lainnya.

 

Di sisi lain, DHA atau docosahexaenoic acid merupakan jenis asam tak jenuh yang bisa dijumpai pada omega 3. Senyawa ini juga biasa dijumpai pada otak dan mata. Lantas apa manfaat AA dan DHA ini? Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat penting AA dan DHA.

 

1. Membangun Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan AA dalam susu formula anak sebenarnya memiliki peran dalam produksi hormon eicosanoid yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini juga mampu membentuk sistem imun si kecil dan menjaganya agar tidak mudah terserang penyakit.

 

2. Membantu Perkembangan Otak pada Janin

Peran AA dan DHA tak bisa dilepaskan dari otak. Keduanya juga dikenal sebagai senyawa yang berperan penting dalam perkembangan otak si kecil, bahkan sejak masih berada dalam kandungan. Selain itu, AA dan DHA juga berperan dalam proses perkembangan memori, sinyal motorik dan fungsi syaraf si kecil.

 

3. Baik Untuk Perkembangan Retina

DHA memiliki andil besar dalam perkembangan retina dan ketajaman mata si kecil. Kekurangan DHA dapat berakibat fatal dan menyebabkan gangguan mata. Namun tak hanya itu saja, kekurangan senyawa yang satu ini juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

 

Selain ketiga manfaat di atas, AA dan DHA juga sangat baik dalam mendukung pertumbuhan otot si kecil, mencegah peradangan, menjaga kesehatan pada syaraf serta baik untuk kesehatan hati dan jantung. Selain itu keduanya juga mampu menurunkan kadar kolesterol. Melihat segudang manfaat yang ada pada AA dan DHA, tak mengherankan keduanya menjadi kandungan penting dalam susu formula anak. Namun untuk memperoleh manfaat terbaik dari susu formula, memilih susu yang telah teruji seperti susu Morinaga Chil-Kid (Moricore+) harus selalu menjadi prioritas.

 

 

 

Salam,

KALBE Store