Deteksi Gangguan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

Deteksi Gangguan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

Deteksi dini terhadap gangguan tumbuh kembang anak itu penting, karena pada usia 0-3 tahun, anak mengalami masa periode emas. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menilai tumbuh kembang anak yaitu Denver Development Screening Test yang memiliki empat parameter, yaitu kemampuan motorik, kemampuan bahasa dan bicara, kemampuan kognitif, serta kemampuan interaksi sosial anak. Lalu, bagaimana Anda, sebagai orangtua, dapat mengenali gangguan pada tumbuh kembang buah hati Anda?

 

Pertama, kenali apakah anak mengalami gangguan pada kemampuan motorik halusnya, seperti tidak dapat memegang benda dengan tangannya, saat ia memasuki usia 4-5 bulan; tangan tetap terkepal erat saat usianya 4-5 bulan; tidak dapat memegang benda dengan satu tangan pada usia 7 bulan; tidak dapat memindahkan benda kecil ke dalam gelas pada usia 6-7 bulan; dan tetap memasukkan benda ke mulut disertai keluarnya air liur sampai usia 2 tahun.

 

Lalu, perhatikan apakah terjadi gangguan pada kemampuan motorik kasar anak. Tandanya seperti, belum dapat berguling pada usia 5 bulan, belum dapat mengontrol kepalanya pada usia 6-7 bulan, belum dapat merangkak pada usia 12-13 bulan, dan belum dapat berjalan sendiri pada usia 18-21 bulan.

 

Gangguan pada kemampuan berbahasa dan berbicara dapat dikenali dari tanda-tanda seperti, pada usia 6 bulan mata tidak melirik dan kepala tidak menoleh ke arah sumber suara; tidak merespon terhadap panggilan namanya pada usia 10 bulan; tidak dapat merespon perintah pada usia 21 bulan; tidak menunjukkan tanda-tanda babbling (mengoceh), menunjukkan mimik yang tidak baik pada usia 12 bulan, dan tidak ada dua kata spontan yang ia keluarkan pada usia 2 tahun.

 

Sementara itu, kemampuan kognitif anak terganggu apabila ia menunjukkan tanda-tanda seperti, tidak tertarik pada wajah ibunya ketika usia 2-3 bulan, tidak mencari benda jatuh pada usia 6-7 bulan, tidak mencari benda yang disembunyikan pada usia 12 bulan, dan tidak dapat menyebutkan namanya sendiri pada usia 3 tahun.

 

Kemampuan interaksi sosial baru dapat dideteksi setelah ia cukup besar. Namun, Anda dapat mulai mengenali tanda-tandanya seperti, tidak dapat tersenyum pada usia 3 bulan; tidak tertawa pada saat bermain di usia 6-8 bulan; tidak suka didekati, dipeluk atau sulit tenang pada usia 12 bulan; mudah mengamuk, tidak disiplin atau tidak mau bermain pada usia 3 tahun.

 

Sebaiknya, Anda menggunakan juga buku kesehatan ibu dan anak (KIA), timbangan, tabel berat/tinggi badan, grafik lingkar kepala, alat pengukur tinggi badan dan pita pengukur untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda. Yuk kita sukseskan tumbuh kembang anak Anda agar hasilnya optimal!

 

Salam,

KALBE Store