Depresi Pada Ibu Hamil? Ini Cara Pencegahannya

Depresi Pada Ibu Hamil? Ini Cara Pencegahannya

Depresi, gangguan kesehatan mental yang satu ini bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan ibu hamil juga bisa mengalaminya. Namun saat gangguan kesehatan mental ini dialami oleh ibu hamil, dampaknya bisa cukup besar. Bukan hanya kesehatan ibu saja yang terganggu, pertumbuhan janin juga akan mengalami masalah yang serupa. Semua itu juga tak lepas dari terganggunya keinginan untuk makan. Meski susu ibu hamil bisa membantu, itu saja tidaklah cukup. Depresi pada ibu hamil sebenarnya masih bisa dicegah. Dengan cara berikut ini, gangguan kesehatan mental bisa dihindari.

 

Mengontrol Stres

Harus diakui, stres tidak bisa sepenuhnya dihindari. Akan tetapi, stres masih bisa diatasi dan dikendalikan. Jangan sampai masalah ini berlangsung untuk waktu yang lama. Bantuan dari orang-orang sekitar juga sangat penting. Bersosialisasi adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk menekan stres. Selain itu, ibu hamil juga bisa melakukan hal yang menyenangkan.

 

Banyak Minum Air Putih

Mual dan muntah adalah 2 hal yang menyebabkan ibu hamil kerap mengalami gangguan pola makan. Makan terasa tidak enak. Susu ibu hamil juga bisa memicu rasa mual. Padahal, pada masa ini ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Ibu hamil sebenarnya bisa mengatasinya dengan banyak minum air putih.

 

Olahraga Ringan

Saat melakukan olahraga, tubuh melepaskan hormon dopamin. Hormon inilah yang memunculkan perasaan senang. Perasaan seperti inilah yang ampuh untuk mencegah depresi. Ibu hamil bisa memanfaatkan hal tersebut. Olahraga yang dilakukan tidak harus dengan intensitas yang tinggi. Cukup olahraga ringan seperti jalan santai saja. Yoga juga bisa menjadi salah satu pilihan.

 

Dengan menerapkan cara di atas, risiko depresi bisa ditekan. Ibu hamil pun bisa menjaga kesehatan mental dan tubuhnya. Salah satu dampaknya, memenuhi kebutuhan nutrisi akan terasa lebih mudah. Selama masa kehamilan ibu hamil memang harus memperhatikan asupan makanannya. Makan makanan yang sehat ditambah susu ibu hamil bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Kini ada banyak pilihan susu hamil di luar sana. Salah satunya adalah susu Prenagen yang memang telah teruji dan terbukti mampu membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

 

 

 

Salam,

KALBE Store