Dapatkan Berat Badan Ideal dengan Diet Sehat dan Olahraga


Dapatkan Berat Badan Ideal dengan Diet Sehat dan Olahraga

Dapatkan Berat Badan Ideal dengan Diet Sehat dan Olahraga

Banyak cara untuk mencapai berat badan ideal, misalnya dengan diet sehat dan olahraga. Berikut, beberapa tips dari kami untuk mencapai berat yang Anda inginkan.

 

Siapapun tak akan menyangkal bahwa, berat badan ideal memberikan banyak keuntungan, baik secara fisik maupun psikis. Faktanya, lemak yang berlebih pada tubuh dapat membebani tulang, sehingga mengakibatkan Anda gampang lelah, lebih mudah terkena penyakit, dan sering kali tidak merasa percaya diri. Ingin memiliki berat badan ideal? Pertama-tama, cari tahu terlebih dahulu berat badan ideal Anda melalui kalkulator BMI, serta mulailah untuk melakukan diet sehat dan olahraga, sehingga tujuan Anda lekas tercapai dengan baik dan positif. Simak beberapa tips di bawah ini, ya.

 

Aturlah pola makan yang lebih banyak terfokus pada buah-buahan, sayur-sayuran, putih telur, produk olahan kedelai, dada ayam tanpa lemak, ikan, kerang, susu non fat, dan daging tanpa lemak. Hindari makanan yang berlemak, berminyak atau di-deep fried karena tidak baik untuk program diet. Untuk pengaturan pola makan yang ideal, berkonsultasilah dengan ahli gizi jika dibutuhkan.

 

Makanlah lebih banyak sayur, karena sayur mengandung fiber atau serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan dapat terkontrol. Konsumsi sayur-sayuran dalam bentuk sayur potong segar atau salad, sayur yang dikukus, direbus maupun ditumis dengan minyak sayur, dan mixed juice sayur, atapun green smoothies.

 

Minumlah lebih banyak air putih. Jumlah ideal yang Anda minum adalah 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap harinya. Selama melakukan program diet sehat, hindari minuman yang mengandung banyak gula, seperti teh kemasan, soda, maupun berbagai jenis kafein, karena seperti layaknya soda, kafein dapat meningkatkan hormon stress kortisol yang kemudian merangsang perut untuk merasa lapar, dan menjadi ingin makan makanan yang manis, asin dan berlemak. Sebagai pengecualian, Anda tidak dilarang untuk minum kopi beberapa jam sebelum berolahraga agar merasa lebih fokus dan berenergi, tapi hindari jenis kopi dengan banyak gula dan krim, ya.

 

Selain diet sehat, jangan lupa melakukan gerak tubuh atau olahraga, ya. Sebuah studi menunjukkan bahwa, Anda butuh melakukan olahraga kurang lebih satu jam setiap hari untuk menurunkan berat badan secara ideal. Salah satu jenis olahraga yang disarankan agar berat badan turun adalah latihan kardio, karena jenis latihan ini membakar paling banyak kalori. Beberapa jenis latihan kardio yang bisa Anda pilih, misalnya jalan cepat, jogging, lari, sepeda, berenang, senam maraton, aerobik, dan masih banyak lagi.

 

Tapi ingat, kenali batas kemampuan Anda ya, jangan memaksakan diri untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Untuk hasil terbaik dan minim resiko cedera, berkonsultasilah dengan personal trainer dan ahli nutrisi Anda. Mereka akan memberikan rekomendasi bentuk latihan dan pola diet sehat yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store