Jangan Ragu, Dalam Kondisi Berikut Sebaiknya Ibu Hamil Memang Membatalkan Puasanya


Jangan Ragu, Dalam Kondisi Berikut Sebaiknya Ibu Hamil Memang Membatalkan Puasanya

Jangan Ragu, Dalam Kondisi Berikut Sebaiknya Ibu Hamil Memang Membatalkan Puasanya

Kehamilan dan puasa adalah dua momen yang sangat istimewa. Namun saat keduanya bertemu, selalu ada dilema bagi ibu hamil. Berpuasa atau fokus memenuhi kebutuhan sang buah hati? Agama Islam sendiri telah memberikan keringanan bagi ibu hamil. Dalam kondisi hamil, mereka diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Jika ingin berpuasa, sebaiknya juga dilakukan dengan hati-hati, Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter itu sudah pasti. Mengonsumsi susu ibu hamil juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Tapi jika dihadapkan pada kondisi seperti di bawah ini, sebaiknya Anda jangan ragu untuk membatalkan puasa.

 

Dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa membayakan bagi ibu dan janin yang sedang dikandung. Kondisi ini biasa ditandai dengan tubuh terasa lemas, kepala pusing hingga urin berwarna gelap. Jika sudah begini, membiarkan tubuh tetap mengalami dehidrasi justru bisa mengancam kesehatan sang ibu dan janin. Dalam kondisi seperti ini, sangat dianjurkan untuk membatalkan puasa. Segera minum air putih yang cukup. Melengkapinya dengan susu ibu hamil juga bukan pilihan buruk.

 

Mual Hingga Muntah

Masa kehamilan awal memang kerap ditandai dengan perut mual dan muntah. Namun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, hal tersebut semakin jarang dijumpai. Jika saat puasa tiba-tiba kondisi tersebut muncul kembali, jangan remehkan. Bisa jadi ini adalah salah satu tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius. Segera batalkan puasa dan makan makanan yang bergizi. Jika mual dan muntah masih saja terjadi, segera konsultasi ke dokter.

 

Ada Gangguan di Janin

Saat janin sudah terbentuk dan usia kehamilan sudah cukup tua, biasanya janin cukup aktif bergerak. Namun jika janin menunjukkan tanda-tanda tidak bergerak, segera batalkan puasa. Hal ini dilakukan untuk merangsang janin agar kembali aktif. Akan tetapi jika tidak ada perubahan, segera periksa ke dokter.

 

Puasa memang diwajibkan untuk setiap pemeluk agama Islam. Akan tetapi jika hal tersebut justru mengganggu kesehatan bahkan membahayakan nyawa, puasa justru diharamkan. Ibu hamil juga sama. Jika memang ingin puasa, pastikan untuk menjaga asupan makanan saat sahur dan berbuka. Mengonsumsi susu ibu hamil akan sangat membantu. Dengan mengonsumsi susu hamil seperti susu Prenagen, memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin akan terasa lebih mudah.

 

 

 

Salam,

KALBE Store