Daftar Menu Makanan untuk Penderita Diabetes

Daftar Menu Makanan untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, makanan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Jika salah mengonsumsi makanan, hal ini dapat mengakibatkan gula darah meningkat.

 

Apabila kadar gula darah pada penderita diabetes meningkat, maka dapat menyebabkan ganguan kesehatan lainnya misalnya sakit jantung, mudah lelah, kesadaran menurun bahkan gangguan saraf.

 

Penderita diabetes sebaiknya menerapkan pola makan sehat dan teratur untuk mengontrol kadar gula darahnya. Waspadai beberapa makanan yang tinggi gula dan lemak agar kadar gula darah tidak meningkat. Beberapa daftar menu makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, antara lain:

 

Daging

Para penderita diabetes masih dapat mengonsumsi daging. Daging yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah daging tanpa lemak yang dimasaknya dengan cara dikukus atau direbus.

 

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Orang yang menderita diabetes sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks misalnya nasi merah, oatmeal, kentang, roti, dan sereal.

 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah. Kacang-kacangan mengandung nutrisi yang lengkap juga tinggi serat dan protein. Kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung indeks glikemik rendah yakni menaikkan kadar gula darah secara perlahan.

 

Ikan

Bagi penderita diabetes, ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah ikan tuna, makarel sarden dan salmon. Sebaiknya hindari ikan yang mengandung merkuri tinggi misalnya ikan tongkol.

 

Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah dan sayur mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengolah sayur yang akan dikonsumsi sebaiknya direbus, dikukus atau dikonsumsi mentah. Sayur yang baik untuk penderita diabetes adalah brokoli dan dan bayam. Sedangkan untuk mengolah buah, jika Anda ingin mengkonsumsi buah dalam bentuk jus, jangan beri tambahan gula.

 

Memilih makanan untuk para penderita diabetes bukan cara yang susah. Namun sebaiknya Anda juga harus memperhatikan nutrisi dalam makanan agar kadar gula darah tidak meningkat.

 

 

 

Salam,

KALCare