Daftar Makanan penyebab Asam Urat

Daftar Makanan penyebab Asam Urat

Setiap orang pasti tidak menginginkan terkena penyakit, termasuk juga penyakit asam urat. Sebab jika asam urat kambuh, Anda akan mengalami keluhan berupa nyeri, bengkak, merah, dan terasa panas. Tentu kondisi ini akan mengganggu Anda dalam menjalani aktivitas kan?

 

Peningkatan kadar asam urat dalam darah atau bisa juga disebut sebagai hiperurisemia memang merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami masyarakat. Asam urat sendiri merupakan hasil akhir dari metabolisme sebuah zat di dalam tubuh yang bernama purin. Tinggi atau rendahnya kadar asam urat dipengaruhi oleh peningkatan produksi asam urat atau adanya gangguan pengeluaran asam urat di dalam tubuh.

 

Dalam kadar normal, seharusnya asam urat berada pada 3,4 – 7,0 mg/dL untuk laki-laki, dan 2,4 – 6,0 mg/dL untuk perempuan. Namun nilai tersebut bervariasi pada setiap orang, tergantung pada standar baku yang digunakan masing-masing laboratorium. Purin sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh. Tetapi purin juga dapat berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Sehingga memperhatikan asupan makanan sangat penting bagi penderita asam urat. Berikut ini merupakan daftar makanan yang perlu Anda hindari karena dapat menyebabkan naiknya kadar asam urat.

 

1. Jeroan

 

 

 

jeroan dapat menyebabkan asam urat

 

 

 

Dalam beberapa kuliner khas Indonesia, penggunaan jeroan sebagai bahan baku makanan sering kali digunakan. Jenis jeroan seperti otak, hati, ginjal, usus, hingga babat akan Anda temukan pada soto, bubur, atau masakan padang. Tetapi di balik kenikmatannya, jeroan memiliki kadar purin yang tinggi yaitu 100-1000 mg per 100 gram. Sehingga penderita asam urat sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jeroan.

 

2. Susu dengan lemak tinggi

 

Penderita asam urat juga perlu menghindari susu dengan kandungan lemak yang tinggi, seperti full cream atau whole fat milk. Tidak hanya itu, produk olahan susu seperti keju juga harus dihindari karena mengandung purin yang tinggi. Sebab kadar asam urat bisa cepat melonjak setelah mengonsumsinya.

 

3. Udang dan kerang

 

Kedua seafood ini tidak baik bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat. Kandungan purin dalam udang mencapai 234 mg per 100 gram. Sedangkan kerang memiliki kandungan purin sebesar 136 mg per gram. Jika Anda mengonsumsi kedua seafood ini 2 kali dalam seminggu, maka Anda berisiko mengalami kenaikan asam urat sebesar 7%.

 

4. Minuman beralkohol

 

Konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan kadar asam urat, sebab baik minuman beralkohol dan bir memiliki kandungan purin yang tinggi. Salah satu mekanismenya adalah dengan memberi stimulasi pada hati untuk memproduksi asam urat. Tidak hanya itu, minuman beralkohol juga dapat menghambat proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Sebab alkohol di dalam tubuh akan berubah menjadi asam laktat yang mengganggu pembuangan asam urat oleh ginjal.

 

5. Ikan sarden

 

 

 

banyak mengonsumsi ikan sarden menyebabkan asam urat tinggi

 

 

Walaupun praktis, ikan sarden adalah salah satu makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Sehingga penderita asam urat perlu berhati-hati dalam mengonsumsi ikan sarden dalam jumlah yang besar. Tidak hanya ikan sarden, salmon dan tuna juga merupakan ikan yang memiliki kandungan purin yang tinggi.

 

6. Daging merah

 

Satu lagi makanan yang mengandung purin dengan kadar sedang (9-100mg per 100 gram) adalah daging merah. Sehingga Anda perlu mengurangi kesukaan Anda dalam mengonsumsi steak, karena menggunakan daging merah. Sebaiknya Anda membatasi konsumsinya dengan jumlah maksimal 50-75 gram (1-1,5 potong) daging.

 

7. Makanan mengandung pemanis

 

Makanan tinggi gula dapat meningkatkan kadar asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Terutama makanan yang mengandung high-fructose corn syrup seperti permen, minuman bersoda, dan jus buah. Bahkan Anda juga harus membatasi mengonsumsi cake atau kue-kue kering agar kadar asam urat tidak bertambah.

 

8. Sumber makanan nabati

 

Sayuran seperti jamur, asparagus, kembang kol, lentil, dan bayam memiliki kadar purin yang sedang. Jika konsumsinya tidak dibatasi, maka akan menimbulkan kenaikan kadar asam urat. Begitu juga dengan kacang-kacangan dan polong-polongan yang dapat menyebabkan asam urat.

 

Lumayan banyak juga ya, makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Tapi demi menjaga kesehatan, memang lebih baik Anda mengurangi atau menghindari konsumsi makanan yang terdapat pada daftar di atas. Selain itu, penderita asam urat juga diwajibkan untuk banyak mengonsumsi air. Sebab air akan membantu ginjal dalam membuang asam urat.

 

 

 

redakan asam urat dengan Blackmores Celery 7000

 

 

 

Anda juga bisa mengurangi asam urat dengan mengonsumsi Blackmores Celery 7000. Suplemen dengan bahan herbal dari biji seledri akan membuang kristal asam urat melalui urin. Sehingga Blackmores Celery 7000 mampu mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Yuk dapatkan Blackmores Celery 7000  dan varian Blackmores lainnya hanya di KALBE Store.

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com (1), (2)