Cuci Tangan, Langkah Kecil Cegah Penyebaran Corona

Cuci Tangan, Langkah Kecil Cegah Penyebaran Corona

Virus corona kini sudah masuk ke Indonesia. Bahkan informasi mengenai pasien yang positif terkena covid-19 ini juga disampaikan secara langsung oleh pemimpin Negara, Presiden Joko Widodo. Dengan adanya pengumuman ini, maka bertambah 1 lagi Negara di Asia Tenggara yang terkena virus corona.

 

Pengertian dan gejala corona

 

Corona merupakan virus yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Virus ini masih berkerabat dengan ISPA, sehingga gejalanya pun hampir sama. Corona menyebabkan pasien menderita infeksi saluran pernapasan atas mulai dari ringan hingga sedang. Secara klinis, corona memiliki gejala berupa demam, batuk serta pilek, gangguan pada pernapasan, sakit tenggorokan, letih, hingga lesu.

 

Pada awal kemunculannya, virus corona pertama kali diisolasi pada tahun 1965. Virus ini ternyata diambil dari cairan hidung seorang anak dengan gejala pilek. Namun, biasanya, pilek disebabkan rhinovirus atau virus influenza. Sayangnya, sampai saat ini dokter masih sulit untuk membedakan antara gejala infeksi rhinovirus, virus influenza, dan coronavirus.

 

Jika semakin parah, virus corona dapat menyebabkan infeksi di paru-paru hingga mengalami pneumonia. Pneumonia adalah radang yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau benda asing yang masuk ke saluran paru-paru sehingga membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Keadaan ini harus langsung ditangani oleh dokter untuk penanganan medis tingkat lanjut sebagai upaya penyembuhan.

 

Cuci tangan untuk mencegah penyebaran virus

 

Untuk mencegah virus termasuk corona, Anda bisa melakukan langkah kecil yaitu dengan menjaga kebersihan. Salah satunya dengan menjaga kebersihan tangan. Karena tangan merupakan organ tubuh yang sering dipakai untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Menurut penelitian organisasi kesehatan dunia (WHO), mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit sebanyak 50%. Contoh penyakitnya antara lain seperti influenza, diare, hingga hepatitis A.

Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman. Pastikan juga Anda mencuci tangan dengan durasi minimal 15 detik. Berikut ini merupakan langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar menurut WHO.

1. Langkah pertama, Anda perlu membasahi tangan dengan air bersih yang mengalir dan berikan sabun ke telapak tangan. Anda dapat menggunakan sabun cair atau sabun batang sesuai dengan pilihan.

 

 

 

cara mencuci tangan

 

 

 

2. Gosok sabun pada kedua telapak tangan. Caranya dengan menempel dan menggosokkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain. Pastikan Anda membersihkan dengan baik hingga sabun berbusa di kedua tangan.

 

 

 

gosok kedua tangan

 

 

 

3. Setelah menggosok bagian telapak tangan, Anda bisa mulai menggosok kedua bagian punggung tangan. Jangan asal menggosok, gunakanlah telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri. Kemudian, lakukan pada tangan sebaliknya. Ulangi beberapa kali agar kuman dan virus bisa hilang.

 

 

 

gosok telapak tangan

 

 

 

4. Setelah menggosok punggung tangan, gosoklah sela-sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dan kiri. Pada tahap ini, Anda harus benar-benar bersih saat mencuci tangan. Karena bagian inilah yang sering kali terlupakan dan akhirnya menyimpan banyak virus, kuman yang merupakan sarang penyakit. Usapkan juga masing-masing jari tangan Anda.

 

 

 

bersihkan sela-sela jari

 

 

 

5. Bagian terakhir yang juga penting untuk dibersihkan adalah kuku dan ujung jari tangan. Caranya dengan menguncupkan ujung-ujung jari hingga saling bertemu. Kemudian gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Anda bisa melakukan gerakan memutar atau seperti menggaruk. Setelah itu, lakukanlah langkah dengan gerakan yang sama pada tangan sebaliknya.

 

 

 

bersihkan kuku dan jari bagian atas

 

 

 

6. Jika sudah melakukan semua langkah-langkah di atas, bilas kembali tangan di bawah air mengalir hingga bersih. Kemudian keringkan tangan dengan menggunakan lap tangan yang terjamin kebersihannya atau menggunakan hand dryer.

 

 

 

bilas tangan hingga bersih

 

 

 

Itulah cara mencuci tangan dengan benar yang dapat Anda lakukan setiap hari. Disarankan Anda mencuci tangan sebelum makan atau sehabis dari toilet. Jika dalam keadaan darurat dan tidak terdapat air bersih serta sabun, Anda dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60%. Tetapi untuk kondisi tangan yang terlalu kotor, penggunaan hand sanitizer tidak dianjurkan karena tidak dapat membersihkan kuman secara keseluruhan. Durasi penggunaan hand sanitizer juga sebaiknya disamakan dengan mencuci tangan, yaitu 15-20 detik.

 

Mencuci tangan dengan benar dapat membantu Anda terhindar dari penularan berbagai macam penyakit, terutama mencegah virus corona sejak dini. Untuk itu, mulai saat ini terapkanlah kebiasaan mencuci tangan dengan cara yang benar. Anda diharapkan juga tidak terlalu panik dengan penyebaran virus corona selama tetap menjaga pola hidup sehat. Jangan lupa untuk mengonsumsi Blackmores Bio C 1000mg yang dijual oleh KALBE Store sebagai suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di sini. Karena KALBE Store menjual suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik online.

 

 

 

 

 

 

 

Salam

 

KALBE Store

 

Sumber:

 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636573/hati-hati-virus-corona-ini-pertolongan-pertama-untuk-mengatasinya

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/sarrah-ulfah/langkah-cuci-tangan-yang-benar-menurut-who