Cegah Mual di Trimester Pertama Kehamilan

Cegah Mual di Trimester Pertama Kehamilan

Mual di trimester pertama kehamilan hampir dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Tak jarang, rasa mual ini akan diiringi dengan muntah-muntah. Lazimnya, mual muntah akan dialami ibu hamil pada pagi hari. Akan tetapi, mual muntah bisa saja terjadi setiap waktu, pada siang hari, atau pada malam hari saja.

 

Mual muntah yang berlebihan pada ibu hamil bisa jadi membahayakan. Entah itu menyebabkan dehidrasi atau malnutrisi baik pada ibu maupun sang janin. Ini saatnya buat ibu hamil cegah mual di trimester pertama kehamilan! Berikut tips-nya:

 

1. Minum Air Mineral Lebih Sering

Setiap merasa mual, cobalah untuk minum air mineral dengan tegukan kecil. Misal tiga teguk jeda lalu minum tiga teguk lagi. Tahan napas sebentar setelah minum hingga rasa mual berkurang. Bila memang rasa mual tidak bisa ditahan dan sudah ingin muntah, setidaknya asupan air mineral bisa mencegah dehidrasi karena muntah.

 

2. Minum Minuman Hangat

Jika mual dirasakan sepanjang hari, cobalah selalu sedia minuman hangat. Entah teh manis atau air jahe hangat. Lalu, minum saat mual mulai melanda. Pada sebagian ibu hamil, minuman hangat ini ampuh meredakan mual yang berlebih. Atau, konsumsi air hangat ini sehabis muntah sehingga mual terminimalisir.

 

3. Makan Sedikit tapi Sering

Di banding makan dengan porsi besar, makan dengan porsi sedikit tapi sering lebih baik pada ibu hamil dengan mual dan muntah. Perut yang selalu terisi bisa menghindarkan dari asam lambung naik dan menyebabkan enek berkurang. Pun menghindarkan dari rasa kenyang yang mungkin berujung pada rasa mual.

 

4. Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil dengan Mual

Jika mual muntah membuat ibu hamil sulit makan, hal itu akan berbahaya dengan kondisi gizi ibu ataupun calon bayi. Maka dari itu, cobalah mencari susu khusus ibu hamil yang memang diformulasikan bagi mereka yang mengalami mual dan muntah berlebih di trimester pertama.

Kini tersedia susu ibu hamil dengan mual muntah, Prenagen Mommy Emesis. Susu juga tinggi asam folat untuk menghindari risiko cacat tabung saraf pada janin. Dan, tinggi kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, serta serat Inulin yang baik untuk pencernaan.

 

5. Suplementasi Kehamilan

Agar kebutuhan vitamin dan zat gizi penting terpenuhi, sebaiknya ibu hamil juga mengonsumsi suplemen kehamilan. Apalagi pada trimester pertama, pilihlah suplemen yang mengandung asam folat dan iodium, seperti dalam Blackmores i-Folic.

 

 

Salam,

KALBE Store